Cegah Virus Corona, Orang Pakai Helm Botol, Sawi dan Kulit Jeruk

Devi Setya - detikFood Jumat, 31 Jan 2020 13:30 WIB
masker corona Foto: istimewa
Jakarta -

Terbatasnya masker untuk melindungi paparan virus corona, orang-orang memanfaatkan berbagai barang untuk dijadikan masker. Terlihat anak-anak hingga orang dewasa mengenakan masker unik.

Parahnya wabah virus corona yang menyebar di China membuat banyak orang mengantisipasi dengan berbagai hal. Sebaran virus ini, secara tidak langsung juga membuat banyak tempat mengalami krisis masker. Orang berebut mendapatkan masker untuk menghindari paparan virus corona.

Saking banyaknya orang yang tak mendapat stok persediaan masker, kemudian berlomba membuat masker darurat. Salah satunya dengan memanfaatkan botol plastik yang biasa jadi wadah air minum.

Cegah Virus Corona, Orang Pakai Helm Botol, Sawi dan Kulit JerukFoto: istimewa


Baca juga : Dikaitkan Virus Corona, Ini 5 Fakta Makan Bayi Tikus Hidup di China


Dikabarkan New York Post (31/1) botol plastik berukuran besar ini dibuat menjadi alat yang mirip helm. Beberapa foto orang-orang mengenakan helm botol plastik ini tersebar di beberapa tempat.

Di bandara Shanghai ditemukan satu keluarga yang mengenakan helm botol plastik ini. Untuk membuat helm dari botol plastik ini mereka memotong bagian bawah botol lalu membuat kerat pada salah satu bagian agar kepala bisa masuk ke dalamnya.

Untuk menggunakan helm ini, cukup memasukkan kepala ke dalam botol. Tak hanya itu, perlindungan ganda juga dilakukan dengan menggunakan masker. Pemandangan ini tampak miris dan menyedihkan.

Para penumpang penerbangan Shanghai menuju Perth, Australia ini bukan hanya memanfaatkan botol plastik. Tampak penumpang berpenampilan unik dengan berbagai barang yang melindungi tubuhnya.

Cegah Virus Corona, Orang Pakai Helm Botol, Sawi dan Kulit JerukFoto: istimewa


Baca juga : 5 Fakta Sup Kelelawar yang Diduga Penyebar Virus Corona


Ada yang menggunakan kacamata renang, membungkus diri dengan plastik, mengenakan hair cap hingga menggunakan kostum yang menutup seluruh tubuhnya. Para penumpang dalam penerbangan China Eastern mengatakan kepada The Australian West bahwa sebagian besar orang di atas pesawat mengenakan masker wajah.

Bukan hanya botol plastik saja, masker darurat pun dibuat dari sawi putih, kulit jeruk hingga kulit buah grapefruit. Pemandangan orang-orang dengan masker unik ini bisa dengan mudah ditemui di jalan dan beberapa fasilitas umum seperti supermarket dan restoran.

Cegah Virus Corona, Orang Pakai Helm Botol, Sawi dan Kulit JerukFoto: istimewa


Seorang pria tampak membungkus wajahnya dengan selembar sawi segar. Ia melubangi bagian mata dan mulutnya. Kemudian sawi diikatkan menggunakan tali plastik agar tetap terpasang dengan kuat.

Tak hanya itu, terlihat juga pria dan wanita yang memanfaatkan kulit buah grapefruit sebagai masker pelindung. Buah yang mirip jeruk ukuran besar ini dibelah dua kemudian bagian isinya dikeluarkan. Untuk pengaitnya yakni tali yang diikatkan pada kepala.

Menurut The Sun, orang-orang di China dilarang untuk menaiki kendaraan umum jika tidak menggunakan masker wajah. Jadi tak heran kalau orang-orang begitu gencar melakukan berbagai cara agar terhindar dari virus corona yang mematikan.



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)