Durian Enak

Disebut Rajanya Buah, Durian Kini jadi Buah Eksotik yang Populer di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 29 Jan 2020 14:00 WIB
Thai durian portion isolated on white background Foto: iStock
FOKUS BERITA Durian Enak
Jakarta -

Berasal dari Asia Tenggara, buah tropis yang satu ini terkenal dengan aromanya yang menyengat tajam. Namun buah durian, tetap digemari dengan varietas beragam hingga harga yang fantastis.

Buah durian dikenal sebagai King of Fruit, atau raja dari segala buah. Bentuknya bulat berlekuk tajam, dengan cangkang yang mirip seperti duri-duri. Durian punya rasa yang legit, manis, dan harum. Buah dari negara tropis ini, dipercaya pertama kali tumbuh di wilayah Borneo dan Sumatera, Indonesia, ratusan tahun lalu.

Baca Juga: Heboh Durian Madu Racun, Beratnya 15 Kg dan Lezatnya Bikin Nagih

Kemudian durian juga tumbuh di wilayah Malaysia, dan mulai menyebar ke berbagai negara di Asia. Dilansir dari Durians (29/01), 400 tahun yang lalu, buah durian dikirim ke Myanmar, dan langsung menyebar ke wilayah Thailand dan Vietnam Selatan.

Disebut Rajanya Buah, Durian Kini jadi Buah Eksotik yang Populer di DuniaFoto: iStock

Sejarah ini terlihat dari catatan yang menyebutkan kata durian, dari Niccolo Dan Conti, seorang penjelajah dari Eropa, yang berkunjung ke Asia Tenggara pada abad 15. Lalu dokter terkenal dari Portugal, bernama Garcia de Orta juga menyebutkan buah durian pada jurnal yang diterbitkannya pada tahun 1563. Sehingga membuat banyak ahli sejarah percaya, bahwa buah berduri ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Kini durian sudah menjadi satu komoditas yang menjanjikan di Asia. Ini karena tren kuliner di media sosial yang menyorot durian. Banyak orang yang tergila-gila dengan buah beraroma tajam, dan disebut sebagai buah paling kontroversial di dunia. Harganya pun menjadi sangat fantastis. Banyak orang di mancanegara mulai melirik buah yang eksotik dan dijuluki sebagai 'sex fruit' ini.

Memasuki musim panen durian, di Indonesia sendiri terhitung ada 55 varietas durian mulai dari yang murah hingga yang mahal, dan tersebar di berbagai wilayah. Seperti durian J-Queen, varietas durian lokal asal Banyumas yang terjual di harga Rp 14 juta.

Disebut Rajanya Buah, Durian Kini jadi Buah Eksotik yang Populer di DuniaFoto: iStock

Kemudian ada juga durian mimang hingga durian bawor yang asli dari Indonesia. Di wilayah Pulau Jawa, ada beberapa desa penghasil buah durian ternama seperti Desa Alasmalang di Banyumas, hingga Desa Songgon di Banyuwangi.

Melipir sedikit ke Jawa Barat, para penggemar durian akan disambut dengan durian perwira khas Majalengke, durian gandaria dari Sukabumi, hingga durian matahari dari Banten.

Sementara di luar Pulau Jawa, ada durian khas Medan yang populer, durian pelangi dari Manokwari, hingga durian Pontianak yang sangat banyak jenisnya dan jadi incaran para penggemar raja buah ini.

Disebut Rajanya Buah, Durian Kini jadi Buah Eksotik yang Populer di DuniaFoto: iStock

Durian-durian dari negara tetangga yang tak kalah populer seperti Musang King dari Malaysia, Mao Shaw Wang dari Malaysia, hingga Golden Pillow dari Thailand.

Di ulasan kali ini detikFood akan mengupas tuntas seputar durian, mulai dari jenisnya, daerah asal durian, tekstur dan rasa durian tertentu. Kemudian membahas varietas durian unik, tips memilih durian yang berkualitas, rekomendasi tempat makan durian, hingga berkunjung langsung ke kebun durian.

Ikuti terus ulasan seputar durian dan jenisnya hanya di detikFood.

Baca Juga: Di Pekalongan Ada Durian 'Nenek Moyang' dari Pohon Usia Ratusan Tahun



Simak Video "Ini Kebab Durian Camilan Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak