Masak Apa Hari Ini : Iga Sapi Asam Pedas dan Tahu Goreng Isi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 28 Jan 2020 08:30 WIB
resep iga sapi Foto: detikFood
Jakarta -

Untuk hangatkan cuaca dingin, paling cocok menyantap masakan yang pedas berkuah. Ada iga sapi berkuah pedas hingga tahu isi yang padat renyah.

Iga sapi yang kenyal empuk gurih selalu jadi lauk yang diincar seluruh keluarga. Dimasak dengan kuah yang manis, asam dan sedikit pedas, iga sapi makin enak. Sedikit lebih menyegarkan daripada sup iga sapi.

Selain tempe, tahu juga tak kalah enak dan variatif. Bisa diolah menjadi lauk atau camilan. Kalau mau yang praktis bisa dibuat tahu dengan isian yang renyah pedas. Dilapisi adonan tepung rasanya makin renyah.

Dibalik rasa pahit pare ada banyak khasiat sehat. Pare jadi sayuran andalan masyarakat Bali, Jawa hingga Okinawa. Olahannya sederhana, dipadu dengan telur dan cabai. Tetapi tumis pare gaya Bali ini terasa gurih segar. Cocok disantap hangat dengan nasi.

Berikut ini rekomendasi resep detikfood yang bisa jadi panduan menyajikan menu yang enak dan sehat buat keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Iga Sapi Asam Pedas dan Tahu Goreng IsiFoto: detikfood



1. Iga Sapi Asam Pedas

Bahan utama hidangan ini adalah iga sapi. Bisa dipilih iga sapi lokal atau impor. Ada juga iga sapi bagian depan dan belakang. Pilih iga sapi sesuai selera. Namun yang perlu diperhatikan adalah lapisan lemak dan daging pada iga sapi.

Pilih iga sapi dengan lapisan lemak tipis berwarna putih dan daging yang cukup tebal. Ini menunjukkan jika sapi masih muda. Rebus dengan air secukupnya dengan api kecil hingga daging iga benar-benar empuk.

Tambahkan bumbu dan bahan lainnya dan rebus kembali dengan api kecil hingga seluruhnya matang. Hidangan berkuah segar ini relatif mudah dibuat. Untuk mengikuti resepnya bisa dilihat di link ini.

Masak Apa Hari Ini : Iga Sapi Asam Pedas dan Tahu Goreng IsiFoto: detikfood



2. Tumis Pare Telur

Pare merupakan sayuran pekarangan yang mudah ditanam dan kaya nutrisinya. Rasa pahitnya bisa mengurangi risiko diabetes. Pare ada beberapa jenis, ada pare putih, hijau dan jenis pare Thailand yang besar ukurannya.

Car umum untuk mengurangi rasa pahitnya adalah meremas-remas dengan tangan dan mendiamkan beberapa saat sebelum dimasak. Tambahan bumbu dan telur membuat masakan pare sedikit kurang pahitnya.

Di Okinawa dan Bali pare biasanya ditumis dengan paduan telur dan cabai. Ini membuat pare rasanya lebih segar dan tidak terlalu pahit. Langkah dan cara membuatnya bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Iga Sapi Asam Pedas dan Tahu Goreng IsiFoto: detikfood


3. Tahu Goreng Isi Saus Pedas

Selain tempe, tahu juga menjadi sumbe rlemak nabati yang mudah diolah. Apalagi yang satu ini ditambah dengan ayam dan udang cincang. Kedua bahan ini menambah cita rasa tahu makin gurih enak.

Sebaiknya gunakan jenis tahu goreng Sumedang yang berbentuk segi empat. Pilih yang besar dan baru digoreng untuk mendapatkan rasa gurih yang enak.

Untuk aksen kriuk renyah bagian luar, tahu dicelup adonan tepung beras dan digoreng kering, Untuk menyantap tahu ini bisa dengan cabai rawit saja atau cocolan sambal botolan. Langkah pembuatan resep ini bisa dilihat di sini.



Simak Video "Ciri Khas Es Campur Sinar Garut yang Asli"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)