Menurut Sejarah Nasi Hainan Justru Bukan dari Provinsi Hainan

Devi Setya - detikFood Sabtu, 25 Jan 2020 11:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta -

Sajian nasi hainan yang populer dan ikonik justru bukan berasal dari Provinsi Hainan di China. Asal usul nasi gurih ini pun sempat menjadi perdebatan.

Singapura dan Malaysia sama-sama berdebat soal nasi hainan yang dianggap makanan nasional di masing-masing negara tersebut. Uniknya, meski menggunakan embel-embel nama hainan, hidangan ini sama sekali bukan berasal dari Provinsi Hainan di China bagian selatan.

Dilansir dari South China Morning Post (24/1) hidangan nasi hainan ini punya ciri khas disajikan dengan ayam lembut yang rasanya lezat. Soal sejarah nasi hainan, kabarnya sajian ini mirip nasi ayam khas China yang disebut wen chang.

Menurut Sejarah Nasi Hainan Justru Bukan dari Provinsi HainanFoto: iStock


Baca juga : Makan Siang Mantap! Nasi Hainan Lembut Plus Ayam yang Gurih


Nama wen chang merujuk pada jenis ayam kampung yang berkeliaran di sekitar rumah warga. Ayam ini biasa menyantap kelapa yang jatuh dari pohonnya. Namun menurut kritikus makanan Hainan, Issac Lau, ayam jenis ini sudah sulit didapatkan.

Lau mengatakan hidangan wen chang biasa disajikan dengan cara mengolah ayam dengan cara direbus perlahan. Bagian kulit ayam tampak lembut dan tipis sementara dagingnya tetap padat dan rasanya gurih manis. Kaldu dari rebusan tulang ayam ini kemudian dimasak dengan nasi sehingga rasanya gurih.

Bumbu yang digunakan biasanya jahe, jeruk nipis dan saus dari cabai Hainan. Seiring perkembangan waktu, olahan ayam seperti ini justru populer di Malaysia dan Singapura.

Seorang kritikus makanan asal Hong Kong, Chua Lam bahkan telah menyelidiki sejarah nasi hainan ini. Dari catatan Lam, ia mengatakan nasi hainan racikan Moh Lee Twee, pemilik restoran Swee Kee Chicken Rice di Singapura sudah terkenal sejak tahun 1949.

Sementara Charles Choi, CEO dari Tian Tian Catering Group mengatakan hal terpenting dari nasi hainan justru adalah bagian nasinya. "Ada tiga komponen untuk hidangan otentik, yang paling penting adalah nasi, lalu saus dan kemudian ayam," katanya.

"Nasi harus dibuat dengan kaldu ayam dengan bumbu bawang merah, jahe dan daun pandan dan berbagai bumbu lainnya. Meskipun ayam mengandung lemak tapi nasi hainan tidak boleh terlalu berminyak," lanjut Charles Choi.

Ciri khas dari ayam di nasi hainan adalah teksturnya yang sangat lembut. Tian Tian Chicken Rice adalah salah satu dari 17 kios jajanan yang menerima penghargaan Michelin Guide Singapore 2017.

Menurut Sejarah Nasi Hainan Justru Bukan dari Provinsi HainanFoto: iStock


Baca juga : Wancan: Gurih Harum Hainan Chicken Rice ala Singapura


Di samping itu, masyarakat Malaysia tak mau kalah. Mereka menganggap menemukan nasi hainan jauh sebelum Moh Lee Twee. Dari pengakuannya, salah satu pendiri restoran Kuala Lumpur Nam Heong, mulai menjual nasi ayam hainan sejak tahun 1920-an.

Di Malaysia, kedai nasi ayam ini masih jadi yang paling legendaris dan dianggap autentik. Namun kabar ini belum bisa dibuktikan keasliannya.

Di Malaysia maupun Singapura, nasi hainan sama-sama menjadi primadona. Banyak para pelancong yang datang ke dua negara ini untuk mencicipi kelezatan nasi gurih dengan ayam lembut ini.



Simak Video "Nasi Pincuk Ayam Lodho Suwir dari Tulungagung Pecahkan Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)