Kuliner Imlek

Saat Imlek, Lapis Legit 'Berkat' di Tangerang Bisa Produksi 200 Loyang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kuliner Imlek
Jakarta -

Kuliner Imlek juga termasuk kue lapis yang sarat akan makna baik. Di Tangerang, produksi lapis legit rumahan 'Berkat' bisa memproduksi 200 loyang jelang Imlek.

Selain kue keranjang, lapis legit juga merupakan kuliner Imlek yang tersaji di rumah-rumah warga Tionghoa. Lapis legit memang identik sebagai kue perayaan karena juga populer disajikan saat Lebaran ataupun Natal.

Khusus Imlek, lapis legit dianggap memiliki nilai tambah dengan filosofinya. Bentuknya yang berlapis membuat kue ini dianggap sebagai simbol kemakmuran yang harapannya terjadi secara berlapis-lapis.

Saat Imlek, Lapis Legit 'Berkat' di Tangerang Bisa Produksi 200 LoyangFoto: iStock


Dengan kata lain, menyantap lapis legit ketika tahun baru sama seperti berdoa dan berharap agar mendapat banyak keuntungan dan pengalaman manis. Rasanya yang empuk, manis, dan legit, tentu saja jadi bonus istimewa.

Lapis legit sendiri tergolong kue yang rumit dibuat. Prosesnya bertahap dan butuh waktu lama, namun hasilnya sebanding karena rasanya enak. Ini menjadi sebuah perumpamaan hidup yang menggambarkan setiap ada usaha, pasti ada hasilnya.

Baca Juga: Legit Berlapis-lapis, Kue Lapis Legit Jadi Simbol Kemakmuran yang Berlapis

Saat Imlek, Lapis Legit 'Berkat' di Tangerang Bisa Produksi 200 LoyangFoto: dok. detikFood

Jalan-jalan ke kawasan Pecinan Tangerang, tepatnya di dekat Klenteng Boen Tek Bio, ada usaha lapis legit rumahan yang sudah tersohor sejak tahun 1980-an. Pemiliknya adalah Ika atau akrab disapa Ci Ika.

Ci Ika merupakan generasi kedua penerus usaha lapis legit ini. Sebelumnya sang ibu yang menjalankannya. Uniknya, Ci Ika tidak menamai usaha lapis legitnya secara khusus. "Daerah sini orang-orang nggak tahu, hanya tahu nama saya saja," kata Ci Ika pada detikFood (12/1).

Hanya saja di kartu namanya, ia menamai usahanya 'Berkat'. Untuk lapis legit diakui Ci Ika pesanannya melonjak jelang Imlek. "Bisa produksi 150-200 lapis legit," ujarnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 700.000 sampai Rp 1 juta yang memakai mentega merek Wisman.

Saat Imlek, Lapis Legit 'Berkat' di Tangerang Bisa Produksi 200 LoyangIlustrasi: dok. detikFood


Harga lapis legit juga dibedakan berdasarkan pemakaian telur. "Kalau lapis legitnya Rp 700.000 untuk ayam negeri, kalau pakai ayam kampung sekitar Rp 800.000," tambah wanita ramah ini.

Selain lapis legit, Ci Ika juga punya lapis plum dan lapis tikar yang lebih istimewa. Di bagian tengah lapis legit ini motifnya seperti tikar yang cantik.

Saat Imlek, Lapis Legit 'Berkat' di Tangerang Bisa Produksi 200 LoyangFoto: dok. detikFood


Ci Ika juga bilang pesanan nastar selalu ramai jelang Imlek. Ia menjajakan kue ini dalam wadah toples. Selai nanasnya asam, manis, dan legit karena dibuat sendiri. Hanya nanas-nanas terbaik yang akan dipakai Ci Ika.

"Sebenarnya saya nggak hanya produksi kue aja, ada makanan juga. Sehari-hari saya terima makanan untuk sembahyang," tutupnya.

Baca Juga: Es Buntin, Es Serut Legendaris Dekat Klenteng Boen Tek Bio



Simak Video "Bubur Ko Iyo, Setengah Abad di Pasar Lama Tangerang "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Imlek