Masak Apa Hari Ini : Sup Ayam Kampung dan Bakwan Jagung Krispi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 25 Jan 2020 08:00 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sup ayam kampung yang gurih kaya nutrisi bisa jadi pilihan untuk menu akhir pekan. Ditambah bakwan jagung yang renyah manis, bisa jadi menu enak buat keluarga.

Tak ada rencana ke luar rumah karena hari hujan. Manfaatkan waktu untuk membuat menu akhir pekan yang enak buat keluarga. Bahan-bahannya segar dan bisa disesuaikan porsi dan budgetnya sesuai kemampuan keluarga.

Salah satu pilihan yang paling disukai keluarga adalah sup ayam kampung. Sup ayam merupakan hidangan yang lengkap nutrisi dan cocok dinikmati saat tubuh kurang fit. Isiannya sayuran dan ayam kampung yang rasanya gurih enak. Apalagi kaldunya gurih makin enak dimakan hangat. Anak-anak juga menyukainya.

Pelengkap sup ayam bisa berupa olahan telur yang gurih-gurih manis dengan bumbu petis udang yang harum. Gorengan berupa bakwan jagung juga bisa jadi lauk pelengkap yang enak. Apalagi dimakan hangat.



Berikut ini rekomendasi menu keluarga yang bisa jadi pilihan untuk akhir pekan.

Masak Apa Hari Ini : Sup Ayam Kampung dan Bakwan Jagung KrispiFoto:detikfood



1. Sup Ayam Kampung

Sup ayam dianjurkan dikonsumsi saat terserang flu atau kurang fit. Ayam merupakan sumber protein ditambah dengan beragam sayuran yang kaya serat, vitamin dan mineral yang mudah dicerna.

Untuk mendapatkan kaldu ayam yang gurih, pilih ayam kampung yang muda, gemuk dengan lemak tebal. Potong-potong menjadi 8 -12 bagian dan masak dengan air secukupnya di atas api kecil agar kuahnya bening dan dagingnya empuk.

Selain wortel, kentang dan buncis bisa ditambahkan pasta seperti makaroni elbow atau spiral. Sebaiknya sajikan sup saat masih hangat agar makin terasa gurihnya. Cara membuatnya tidak sulit, cukup ikuti langkah-langkah dalam resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Ayam Kampung dan Bakwan Jagung KrispiFoto: Istimewa



2. Bakwan Jagung

Jagung manis yang renyah kaya akan nutrisi termasuk serat. Karena itu anak-anak menyukai jagung manis. Sebagai lauk teman nasi, jagung manis bisa diolah menjadi sup, campuran sayur bening atau dibuat perkedel atau bakwan jagung manis.

Pilih jagung manis yang masih berkulit agar terjaga kebersihan dan kesegarannya. Kupas jagung manis, bersihkan serabut rambut dan pipili biji jagungnya. Untuk mendapatkan efek renyah, serut halus sebagian jagung manis dan biarkan utuh sisanya.

Agar rasa bakwan jagung renyah, saat menggoreng gunakan minyak panas dan banyak. Pastikan adonan terendam dan goreng hingga matang dan bagian pinggir serta butiran jagung kering. Untuk membuatnya, coba cek bahan dan cara membuatnya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Ayam Kampung dan Bakwan Jagung KrispiFoto: detikcom



3. Telur Bumbu Petis

Olahan telur rebus selain dibuat gulai dan telur balado, bisa diolah dengan bumbu petis gaya Jawa Timur. Telur rebus dimasak dengan santan dengan bumbu lengkap, sedikit cabai dan petis udang.

Kuahnya jadi kental cokelat kekuningan dengan aroma harum santan dan kunyit. Bisa ditambahkan dengan tahu atau tempe. Dimasak hingga bumbu meresap dan kuahnya mengental.

Telur bumbu petis ini makin diinapkan, makin pekat kuahnya dan makin enak rasanya. Bisa disimpan untuk beberapa hari. Jika tak suka petis, bisa dihilangkan, cukup ganti dengan sedikit gula merah. Selain telur rebus, bumbu dan bahan yang disiapkan bisa dilihat di sini!



Simak Video "Segar! Buka Puasa dengan Es Campur dalam Batok Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)