Asyik! Di Blitar Juga Bisa Nikmati Seafood ala Louisiana

Erliana Riady - detikFood Rabu, 22 Jan 2020 15:00 WIB
Foto: Erliana Riady/ dok.detikFood
Jakarta - Sebuah restoran di Kota Blitar menyajikan konsep berbeda untuk menikmati seafood. Seafood ala Louisiana ditumpahkan langsung di atas meja beralaskan plastik transparan. Yummy!

Di Jakarta sudah banyak restoran menyajikan sea food bergaya Louisiana. Gaya sajian dari wilayah Louisiana ini seafood segar diolah dengan bumbu pedas dan disajikan dalam porsi besar, biasanya ditaruh dalam ember atau wadah besar. Untuk menikmatinya, seafood langsung dituangkan ke atas meja yang sudah dialasi plasatik. Biasanya dinikmati langsung dengan tangan secara beramai-ramai.

Istilah lokalnya makan balakatak. Karena rasanya lebih seru, tanpa piring dan alat makan berupa sendok, garpu dan pisau. Dengan tangan bisa langsung menyesap saus lada hitam disela cangkang kepiting. Terkesan berantakan memang. Namun justru ini seninya menikmati seafood.
Asyik! Di Blitar Juga Bisa Nikmati Seafood ala LouisianaFoto: Erliana Riady/ dok.detikFood

Baca Juga : Makan Seafood Pakai Tangan 'Louisiana Style' Jadi Tren Tahun 2018

Satu porsi seafood berisi kepiting, cumi-cumi, lima jenis kerang dan udang. Tiga potongan jagung manis ikut dicampur bumbu dan dimasak bareng seafood. Tak butuh waktu lama menunggu sajian seafood matang. Hanya sekitar 15 menit, aroma seafood yang gurih sedap menguar di dalam resto.

Meja santappun dialasi plastik. Selanjutnya sefood langsung ditumpahkan di atas meja, hingga makin mengundang selera. Sebagai pelengkap disajikan juga dua porsi nasi dan dua gelas es teh. Satu porsi seafood yang dihidangkan, memang menu satu paket untuk dua orang. Harganya Rp 100.000.

Pemilik Resto Dseafood, Deri, mengaku belajar Louisiana Style dari beberapa resto seafood serupa di Surabaya dan Kediri. Lelaki 37 tahun ini membaca peluang bisnis baru, karena konsep menghidangkan seafood dengan menumpahkan di atas meja belum ada di Blitar.
Asyik! Di Blitar Juga Bisa Nikmati Seafood ala LouisianaFoto: Erliana Riady/ dok.detikFood

"Saya lihat kok keren dan belum ada di Blitar. Akhirnya saya belajar dari gak bisa masak sama sekali, sampai bisa menghidangkan satu porsi seafood seperti sekarang," tutur Deri kepada detikcom, Rabu (22/01/2020).

Bisnis kuliner yang sudah berjalan dua bulan ini banyak diminati pecinta kuliner. Tak heran, jika sebanyak 10 kilogram tiap jenis seafood habis dimasak setiap hari. Resto di Jalan Cemara Kota Blitar ini buka mulai pukul 14.00 WIB dan sangat ramai ketika jam makan malam sekitar pukul 19.00 WIB.
Asyik! Di Blitar Juga Bisa Nikmati Seafood ala LouisianaFoto: Erliana Riady/ dok.detikFood

Seorang pelanggannya, Yuli mengaku sangat menikmati suasana makan seafood gaya Louisiana. Apalagi, jika makannya beramai-ramai dengan teman. Tak hanya bisa menikmati gurihnya seafood yang terhidang, namun kebersamaan di saat makan.

"Seru banget, makan bebas bagi saya. Pakai tangan, ngracoti kepiting, nyesepi dagingnya kerang....wuih sedep bener. Apalagi makannya bareng-bareng sama temen. Kami selalu kangen suasana begini. Makanya jadi agenda berulang, apalagi pas gajian," ulasnya sambil tertawa.

Baca Juga : Asyiknya! Di 5 Tempat Ini Bisa Makan Seafood Pakai Tangan

Simak Video "Resep Domba Beulem Sambal Campolay"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)