Cara Membuat Omelet Sosis ala Portugis yang Gurih Mantap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 22 Jan 2020 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Olahan telur yang dikocok ini banyak variasinya. Seperti omelet Portugis yang memakai paduan sosis dan paprika. Enak dimakan hangat untuk sarapan.

Hidangan Portugis selalu memadukan bahan segar dengan sayuran. Seperti sajian omelet yang dipadukan dengan kentang, paprika dan sosis. Yang istimewa sosisnya memakai campuran rempah seperti lada dan bawang putih juga paprika. Rasanya jadi lebih gurih segar dan enak.

Jika bosan dengan olahan omelet yang biasa cobalah buat omelet yang sedikit lebih istimewa. Bahan utama omelet selain telur ayam adalah sosis. Pilih sosis sapi yang memakai paduan bumbu seperti bawang putih, lada hitam atau keju. Jenis sosis ini banyak dijual di supermarket.

Untuk membuat omelet sosis ala Portugis, ikuti cara mudah berikut ini.

1. Sosis dan Telur

Siapkan 3 butir telur ayam, 2 buah sosis rasa bawang putih/lada hitam/keju, 1/4 buah paprika merah atau 1 buah cabe merah besar, potong kasar, 2 sdm daun bawang iris kasar, 1 sdm bawang bombay cincang kasar.

Untuk bahan lainnya siapkan 1 sdm mentega tawar, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam dan 1/2 sdt cabe merah bubuk.

Cara Membuat Omelet Sosis ala Portugis yang Gurih MantapFoto: iStock


2. Potong Sosis

Celupkan sosis dalam air panas sebentar lalu iria melintang 1/2 cm. Kemudian kocok telur hingga berbuih, tambahkan merica, garam dan cabe bubuk. Kocok rata.

Tambahkan paprika, bawang bombay, sebagian irisan sosis dan daun bawang iris. Kocok hingga rata.

Cara Membuat Omelet Sosis ala Portugis yang Gurih MantapFoto: iStock


3. Masak omelet

Dalam wajan datar 22 cm, tuangkan campuran telur dan kecilkan api. Masak hingga bagian pinggirnya agak kering. Susun sisa irisan sosis di permukaan omelet. Taburi daun bawang iris.

Tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga permukaannya membeku dan matang merata. Angkat dan sajikan hangat dengan taburan keju cheddar, jika suka.

Simak Video "Resep Omelet Keju Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)