Sebut Nasi Lemak Buruk Rasanya, Wanita Ini Dikecam Netizen Malaysia

Riska Fitria - detikFood Senin, 20 Jan 2020 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Wanita asal Inggris mengritik nasi lemak yang dihidangkan maskapai Inggris. Iapun dihujani kritik pedas netizen Malaysia.

Nasi lemak dikenal sebagai makanan nasional khas Malaysia dan Singapura. Terdiri dari nasi putih, sambal, telur rebus atau mata sapi dan ikan bilih goreng. Makanan tersebut bahkan populer di berbagai negara. Oleh karena itu nasi lemak juga disajikan termasuk di maskapai penerbangan. Karena merupakan makanan ikonik.

Salah satu maskapai penerbangan yang menyajikan nasi lemak adalah British Airways, sebuah maskapai dari Inggris. Namun, penyajian nasi lemak membuat seorang penumpang dikecam habis-habisan oleh masyarakat Malaysia.
Sebut Nasi Lemak Buruk Rasanya, Wanita Ini Dikecam Netizen MalaysiaIlustrasi Nasi Lemak Foto: iStock

Hal tersebut bermula dari seorang wanita asal Inggris yang bernama Katie Morley tengah melakukan perjalanan menggunakan British Airways. Dalam penerbangan selama 13 jam itu, ia dihidangkan nasi lemak.

Namun, Katie Morley justru mengatakan jijik dengan makanan yang dikenal sebagai nasi lemak tersebut. Katie Morley tidak mengenal makanan itu sebagai nasi lemak, tetapi sebagai kari ayam yang disajikan dengan telur rebus dan ikan teri.

Wanita yang berprofesi sebagai jurnalis itu menyampaikan kritiknya melalui twitter bahwa makanan yang disajikan kepadanya sangat buruk.

"Atas nama kepentingan umum, saya menceritakan pengalaman dengan makanan buruk yang disajikan oleh British Airways selama penerbangan 13 jam. Lihatlah, kari ayam yang disajikan dengan telur rebus, di atasnya ada ikan teri yang berlendir. Saya biasanya menyukai makanan pesawat dan, ini 0/10," cuit Katie Morley sambil menyertakan foto makanannya.
Sebut Nasi Lemak Buruk Rasanya, Wanita Ini Dikecam Netizen MalaysiaCuitan Katie Morley soal Nasi Lemak Foto: Istimewa

Baca Juga : Mau Komentari Makanan Pesawat dari Seluruh Dunia? Intip Instagram Ini

Cuitan Katie pada (15/1) kemudian menjadi viral sehingga membuat warga Malaysia dan Singapura menjadi murka, setelah melihat foto yang diunggah Katie adalah nasi lemak. Cuitan Katie tersebut lalu dibanjiri kritik balik oleh netizen Malaysia dan Singapura yang merasa makanan nasionalnya dilecehkan.

Setelah cuitannya menjadi ramai, Katie kemudian mengeluarkan klarifikasi bahwa dia tidak tahu tentang nasi lemak. Iapun meminta maaf atas kritiknya terhadap nasi lemak tersebut.

"Banyak orang Malaysia yang menghubungi saya bahwa makanan yang saya tweet kemarin itu adalah hidangan nasional yang populer. Saya belum pernah menemukan sebelumnya dan tidak maksud menghina. Saya hanya dilayani dengan versi yang buruk oleh British Airways. Tentu itu bisa menjadi indah dan berharap bisa mencobanya suatu hari nanti," ujar Katie Morley.
Sebut Nasi Lemak Buruk Rasanya, Wanita Ini Dikecam Netizen MalaysiaKlarifikasi Katie Morley soal Nasi Lemak Foto: Istimewa

Klarifikasi itu akhirnya berhasil membuat kemarahan orang Malaysia menjadi mereda. Di samping hal itu, British Airways memang pernah beberapa kali tersandung malah mengenai buruknya kualitas makanan dalam penerbangan mereka.

Sebelumnya, seorang penumpang juga mengeluhkan makanannya yang disebut hampir mirip seperti makanan anjing daripada makanan manusia yang berkualitas.

Baca Juga : Sering Naik Pesawat, Netizen Bagikan Foto Makanan Menjijikan dari Berbagai Maskapai

Simak Video "Battle 3 Bebek Goreng Surabaya, Mana Paling Lezat?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)