Chef Ini Larang Pengunjung Ambil Foto Makanan di Restorannya, Kenapa Ya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 19 Jan 2020 18:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Chef restoran berbintang Michelin ini melarang pelanggan yang makan di restorannya untuk mengambil foto makanan. Wah, kenapa ya?

Dilansir dari Insider (14/1), chef bernama Heston Bluementhal ini merupakan chef kaliber dunia yang restorannya telah mendapatkan penghargaan bintang Michelin. Ia juga merupakan chef selebriti yang memiliki 3 restoran bernama Fat Duck di Bekshire, Inggris.

Saat diwawancarai Radio Times, chef Bluementhal mengatakan dirinya tidak terlalu suka dengan kebiasaan banyak orang mengambil foto makanan mereka sebelum disantap. Namun ia tak mengatakannya langsung pada pelanggan karena akan membuat jarak nantinya.

Chef Ini Larang Pengunjung Ambil Foto Makanan di Restorannya, Kenapa Ya?Foto: Istimewa

Menurutnya memotret makanan sebelum disantap akan merusak cita rasa makanan tersebut. Seharusnya disajikan saat masih panas, namun ketika difoto terlebih dahulu itu akan membuat makanan tersebut menjadi dingin dan cita rasanya pun berubah.

Baca Juga: Bukan Bangga, Justru Banyak Chef Kembalikan Gelar Bintang Michelin

Ia mengatakan, "Saya sudah memperdebatkan hal ini secara lama. Saya ingin sekali mengatakan kalau makanan itu akan dingin, namun itu akan membuat jarak dengan tamu."

Chef Bluementhal mengetahui persis bagaimana media sosial berperan penting saat ini. Banyak pula orang yang ingin memotret makanan lezat yang mereka santap dan mengunggahnya di media sosial.

Chef Ini Larang Pengunjung Ambil Foto Makanan di Restorannya, Kenapa Ya?Foto: shutterstock

Chef 53 tahun ini juga pernah menceritakan pengalamannya ketika bertemu salah seorang tamu di restorannya yang mengambil foto makanan dengan flash. Hal tersebut sangat mengganggu untuknya dan juga akan mempengaruhi pengunjung di meja lain.

Memotret makanan sebelum disantap saat ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang, padahal hal tersebut akan merusak pengalaman bersantap mereka. Bahkan ada sebuah penelitian yang menjelaskan tentang hal ini.

Baca Juga: Restoran Mirip Rumah Tua Berhantu Ini Direkomendasikan Michelin Guide

Sebuah penelitian di tahun 2014 yang dilakukan oleh profesor pemasaran BYU Marriott School of Management, menemukan bahwa mengambil foto makanan secara berlebihan dapat mempengaruhi kejenuhan seseorang. Itu akan membuat Anda merasa jenuh pada makanan yang akan disantap, padahal makanan tersebut memiliki rasa yang lezat.

Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)