Raja Ikan Air Tawar yang Dinyatakan Punah, Rasa Dagingnya Enak

Devi Setya - detikFood Sabtu, 11 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Paddlefish atau ikan dayung dikenal sebagai rajanya ikan air tawar. Ikan ini baru saja dinyatakan punah, padahal daging ikan ini punya rasa yang enak.

Banyak istilah untuk menyebut jenis ikan ini namun orang-orang kerap menyebutnya sebagai rajanya ikan. Ikan berukuran jumbo ini punya ciri unik yakni bagian hidung yang panjang dengan bentuk menyerupai dayung.

Kabarnya, ikan ini telah hidup lebih dulu dibandingkan dinosaurus. Telah hidup lebih dari 300 juta tahun, paddlefish harus dinyatakan punah dari dunia. Seperti apa ciri ikan ini?

1. Jenis ikan paling tua
Raja Ikan Air Tawar yang Dinyatakan Punah, Rasa Dagingnya Enak Foto: istimewa

Paddlefish disebut-sebut sebagai rajanya ikan karena jenis ikan ii dipercaya sudah hidup sejak ratusan juta tahun yang lalu. Berdasarkan dari penemuan dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengungkapkan kalau ikan ini bahkan disinyalir sudah hidup sebelum masa dinosaurus.

Fosil tertua dari ikan famili Polyodontidae ini bahkan berumur 300 juta tahun. Bentuk tubuhnya yang unik menjadikan ikan paddlefish banyak menarik perhatian. Apalagi dengan nilai sejarah yang menarik, tak sedikit kolektor ikan yang berlomba mencari ikan ini sebagai hewan peliharaan.


2. Memiliki bentuk yang unik
Raja Ikan Air Tawar yang Dinyatakan Punah, Rasa Dagingnya Enak Foto: istimewa

Paddlefish memiliki bentuk hidung panjang menyerupai dayung. Sekilas ikan ini juga tampak seperti hiu gergaji. Bentuk hidung yang unik ini memiliki fungsi untuk mendeteksi mangsa.

Jika dilihat dari susunan kerangkanya, ikan ini memiliki kesamaan dengan ikan hiu. Bagian ekornya juga memiliki bentuk yang menyerupai torpedo, persis seperti ekor ikan hiu. Seluruh tubuh ikan berwarna hitam gelap namun tidak diselimuti sisik.

3. Banyak hidup di China
Raja Ikan Air Tawar yang Dinyatakan Punah, Rasa Dagingnya Enak Foto: istimewa

Ikan paddlefish memiliki persebaran yang cukup luas. Ikan bisa hidup di wilayah perairan Amerika Utara tepatnya di sungai Mississipi. Namun aslinya ikan ini dipercaya berasal dari China.

Di China, ikan ini banyak hidup di sungai Yang Tze. Kalau dilihat dari fosilnya, ikan bisa tumbuh dengan ukuran panjang 2-3 meter dan berat mencapai 100 kilogram. Ukurannya yang besar ini menjadikan ikan paddlefish tercatat sebagai ikan air tawar terbesar.

4. Makan plankton
Raja Ikan Air Tawar yang Dinyatakan Punah, Rasa Dagingnya Enak Foto: istimewa

Ikan ini senang hidup di permukaan. Sepanjang hari ikan paddlefish berkeliling di permukaan sungai sambil membuka mulutnya. Ini adalah momen ikan paddlefish mencari makan.

Makanan utama ikan ini adalah zooplankton. Ketika ikan paddlefish membuka mulutnya, akan masuk ribuan zooplankton yang masuk ke dalam mulutnya. Makanan ini akan tertahan di filamen insang sementara sisanya akan dibuang. Selain plankton, ikan ini juga menyantap cacing dan ikan kecil.


5. Ikan paddlefish bisa dimakan
Raja Ikan Air Tawar yang Dinyatakan Punah, Rasa Dagingnya Enak Foto: istimewa

Meskipun banyak orang memelihara ikan paddlefish sebagai koleksi tapi sebenarnya ikan ini bisa dimakan. Ikan paddlefish dianggap memiliki tekstur yang sama dengan ikan lele namun memiliki rasa yang lebih enak.

Butuh trik khusus untuk mengolah ikan ini, dalam daging ikan ada lapisan daging yang berwarna merah. Meskipun tampak menggoda tapi cobalah hindari mengolah bagian daging merah ini. Para nelayan biasanya mengolah ikan paddlefish dengan cara digoreng.

Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)