Mirip Seperti Alien, Bentuk Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bayi Hiu

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 20 Des 2018 17:40 WIB
Foto: Facebook Sulikowski Shark and Fish Research Lab
Jakarta - Ikan memiliki banyak jenis dan spesies. Selain ikan yang umum dikonsumsi, banyak juga ikan bentuk aneh yang sering menarik perhatian banyak orang di internet.

Ikan merupakan salah satu jenis seafood yang paling banyak digemari orang. Selain rasanya yang enak, ikan merupakan sumber nutiris dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Meski begitu tidak semua ikan aman untuk dimakan.

Baca Juga: Spesies Hiu Langka Ditemukan di Pasar Ikan Yemen dan Kuwait
Mirip Seperti Alien, Bentuk Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bayi HiuFoto: Facebook Sulikowski Shark and Fish Research Lab
Dilansir Wisn (14/12), foto ikan berwarna merah muda tengah viral di internet. Tampilannya yang aneh dan menyeramkan, membuat banyak orang percaya bahwa ikan ini merupakan spesies alien. Tentu saja klaim ini tidak masuk akal, karena pasalnya, jenis ikan yang satu ini ternyata embrio dari ikan hiu.

Para ilmuwan di Sulikowski Shark and Fish Research Lab, yanga da di University of England, menjelaskan tentang fenomena ikan 'alien' ini.

Meski masih menjadi embrio, bayi ikan hiu sudah tumbuh di dalam kandungan. Termasuk taring-taring tajam, dan bagian daging merah muda yang membuat spesies ikan ini terlihat menyeramkan.
Mirip Seperti Alien, Bentuk Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bayi HiuFoto: Facebook Sulikowski Shark and Fish Research Lab
"Ini merupakan embrio dari bayi ikan hiu. Ukurannya hanya 33 cm, namun gigi taringnya sudah tumbuh sejak awal," ungkap salah satu ilmuwan di Sulikowski Shark and Fish Research Lab.

Disebut sebagai embrio hiu porbeagle, jenis embrio ini memang memiliki gigi yang besar dan tajam meski masih berada di dalam kandungan. Bahkan ikan-ikan 'alien' ini sudah belajar untuk berburu mangsa, dan menyantap telur-telur yang tidak dibuahi oleh rahim ibunya.
Mirip Seperti Alien, Bentuk Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bayi HiuFoto: Istimewa
Singkatnya, porbeagle merupakan oophagous, yaitu spesies embrio yang berkembang dengan memakan telur-telur di dalam rahim. Biasanya spesies ikan hiu putih lah yang paling sering bertahan dengan metode ini. Sehingga kemunculan ikan 'alien' sebenarnya hanya embrio ikan hiu.

Meski masuk ke dalam hewan buas, tapi ikan hiu sejak dulu sudah populer disulap menjadi makanan. Tapi semakin langkanya ikan hiu, membuat makanan yang menggunakan ikan hiu menjadi kontroversi hingga efek samping mengonsumsi ikan ini.

Baca Juga: Ini Alasan Ilmiah Kenapa Ikan Hiu Sebaiknya Tak Dikonsumsi (sob/odi)