Telan Kuah Hot Pot Super Panas, Wanita Ini Batuk Darah

Sonia Basoni - detikFood Senin, 06 Jan 2020 11:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Hot pot jadi makanan yang paling digemari di China. Kuah panas dalam hot pot, bisa bahayakan kesehatan, bahkan hingga memicu batuk darah seperti yang dialami wanita ini.

Hot pot atau steamboat, merupakan hidangan berkuah panas yang digemari banyak orang. Rasa kaldu yang gurih, dengan tambahan irisan daging, sayuran, hingga seafood jadi menu favorit di China, terutama ketika musim dingin.

Baca Juga: Duh! Pramusaji Terpeleset, Kuah Panas Hot Pot Kenai Anak Kecil
Telan Kuah Hot Pot Super Panas, Wanita Ini Batuk DarahFoto: Istimewa

Banyak orang yang suka menyantap hot pot ini dalam keadaan kuah yang masih sangat panas. Hal ini juga dilakukan oleh seorang wanita bernama Zhang, yang berasal dari Hangzhou, China.

Dilansir dari World of Buzz (06/12), saat itu Zhang pergi ke restoran hot pot bersama teman-temannya. Namun setelah ia selesai makan, ia mulai merasakan sakit di bagian tenggorokan dan dadanya. Ia merasa seperti ada yang tersangkut di tenggorokannya saat ia menelan.

Awalnya Zhang berpikir bahwa ia tak sengaja menelan tulang, atau makanan gosong yang melukai tenggorokannya. Namun rupanya rasa sakit ini semakin serius, ketika keesokan paginya, Zhang semakin sulit untuk menelan. Bahkan ketika ia mencoba menelan air liurnya, ia langsung batuk darah.
Telan Kuah Hot Pot Super Panas, Wanita Ini Batuk DarahFoto: Istimewa

Panik setelah batuk darah, Zhang langsung pergi ke dokter. Di sana dokter memeriksa kondisi perut dan tenggorokannya, di mana mereka menemukan adanya luka sebesar 22 cm di bagian tenggorokannya.

Zhang diketahui menderita esofagus, yaitu peradangan pada lapisan kerongkongan. Kemudian radang lapisan lambung, hingga refluks empedu atau naiknya cairan empedu ke lambung.

Meski penyakit yang dideritanya cukup parah, tapi untungnya nyawa Zhang masih bisa diselamatkan dan kini dalam proses penyembuhan. Para dokter pun mengingatkan kembali, bahwa jangan menyantap makanan panas terlalu cepat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan, lambung, hingga seluruh sistem pencernaan.
Telan Kuah Hot Pot Super Panas, Wanita Ini Batuk DarahFoto: Istimewa

Apabila jika pola makan ini tetap dilanjutkan dalam waktu panjang, dapat menyebabkan kanker esofagus. Karenanya penting untuk semua orang, agar menghindari menyantap makanan dalam suhu panas dengan cepat.

Diketahui sebelumnya suhu dari kuah hot pot sendiri bisa mencapai 100°C, sementara menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), dari penelitian yang mereka terbitkan ada suhu makanan atau cairan yang harus dihindari.

IARC menjelaskan bahwa meminum cairan yang memiliki suhu panas di atas 65°C, dapat menyebabkan meningkatnya risiko terserang kanker esofagus. Sementara untuk suhu sup atau cairan panas sendiri, disarankan untuk disantap pada suhu 63-65°C.

Baca Juga: Hot Pot, Sajian Serba Rebus dari China yang Segar dan Sehat

Simak Video "Dragon Hot Pot, Kombinasi Kuah Ma La Tang dan Ratusan Pilihan Topping"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)