Restoran Self Cooking

Hot Pot, Sajian Serba Rebus dari China yang Segar dan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 30 Sep 2016 18:01 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Restoran Self Cooking
Jakarta - Hot pot jadi salah satu sajian restoran self-cook. Hidangan berkuah dari China ini ternyata punya sejarah panjang.

Hot pot atau steamboat atau Chinese fondue adalah salah satu menu terpopuler di China. Berupa panci berisi kaldu yang direbus di tengah meja. Bahan-bahan makanan mentah lalu diletakkan di sisian panci. Penikmatnyapun bisa memasukkan dan memasak makanan yang mereka suka ke dalam kaldu.

Kabarnya hot pot sudah ada lebih dari 1000 tahun lalu di China. Menjadi hidangan saat musim dingin karena menyantapnya membuat badan hangat. Tetapi kini hot pot tersedia sepanjang tahun.


Selain enak, warga China menyukai hot pot karena dua hal. Hot pot dianggap bisa jadi cara bagus untuk bersosialisasi dan merupakan makanan sehat. Menyantap hot pot saat musim dingin bisa bantu hangatkan badan. Sebaliknya, saat musim panas makan hot pot bantu dinginkan tubuh karena keringat semakin bercucuran.

Hot pot China terdiri dari banyak jenis dengan rasa kaldu berbeda pula. Jenis paling populer adalah Sichuan hot pot dan Beijing mutton hot pot. Ada pula hot pot seafood yang terkenal di Guangdong, hot pot sauerkraut di China Utara, dan hot pot chrysantehemum di Suzhou.

Sichuan hot pot terasa pedas karena dibuat dengan Sichuan pepper dan cabai. Rasa pedas yang menonjol inilah yang membedakan Sichuan hot pot dengan jenis lainnya.


Sementara Beijing mutton hot pot dibuat dengan daging domba. Kaldunya kaya rasa karena menggunakan tulang domba yang dibumbui bawang merah, jahe, jamur, seafood kering, dan bahkan longan.

Versi tradisional Beijing hot pot dimasak dengan panci khusus. Berbentuk seperti donat, panci besar dari kuningan ini memanfaatkan panas bara api dibawahnya. Bagian tengahnyapun dilengkapi cerobong asap. Disebut sebagai juan lo atau steam boat karena bentuk pancinya seperti kapal uap. Ada yang terbuat dari aluminium dan tembaga.

Untuk kuah hot pot, terdiri dari kuah bening dan pedas. Kuah bening umumnya bercita rasa gurih karena dibuat dari kaldu daging ayam atau sapi yang dibumbui jahe dan bumbu ringan lainnya. Sedangkah kuah pedas ditambahkan Sichuan pepper, cabai, minyak cabai, dan lainnya.


Isian hot pot amat beragam seperti irisan daging sapi, domba, ayam, bebek, ikan, udang, dan sebagainya. Ada pula aneka bakso, tofu, aneka mi dan bihun, serta aneka sayuran sebagai pelengkap.

Hot pot makin enak disantap dengan saus pencelup. Ada aneka bahan saus yang bisa diracik sesuai selera. Biasanya tersedia minyak wijen, minyak cabai, soy sauce, bawang putih, cuka, pepper sauce, saus seafood, daun bawang, dan lainnya.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Restoran Self Cooking