Wow! Seperti Ini Obat Mabuk yang Digunakan Lebih dari 1.000 Tahun

Devi Setya - detikFood Minggu, 05 Jan 2020 17:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Kini banyak obat yang bisa diandalkan untuk mengobati mabuk karena alkohol. Dahulu obat mabuk harus dibuat dengan racikan bahan yang sulit.

Dilansir dari Washington Post (5/1) ternyata dahulu ada santapan yang kerap diandalkan sebagai ramuan obat mabuk. Obat ini sudah digunakan sejak 1.000 tahun yang lalu. Lantas apa saja campurannya?

Ramuan ini dipercaya sudah digunakan sejak zaman Dinasti Abbasiyah pada periode tahun 750-1300an. Kekaisaran ini berbasis di Baghdad. Pada zaman ini sudah ditemukan berbagai teknologi seperti aljabar, kincir angin hingga buku masak kuno bertuliskan bahasa Arab.
Wow! Seperti Ini Obat Mabuk yang Digunakan Lebih dari 1.000 TahunFoto: istimewa

Baca juga : Mabuk Alkohol? Coba Atasi Dengan Cara Tradisional Ini!

Dari buku masak yang dipercaya sebagai buku masak paling tua ini terdapat satu resep yang menarik yakni obat mabuk. Seorang sejarawan makanan bernama Nawal Nasrallah menerjemahkan lebih dari 600 resep yang tercatat dalam buku "Annals of the Caliphs 'Kitchens".

Di sini tertulis resep kishkiyya yang dipercaya sebagai sup untuk menyembuhkan mabuk. Dalam buku ini tercatat sup terbuat dari daging domba yang dimasak bersama bawang cincang, minyak zaitun, sayuran, lengkuas, kayu manis, jintan,cengkeh dan berbagai rempah lainnya.
Wow! Seperti Ini Obat Mabuk yang Digunakan Lebih dari 1.000 TahunFoto: istimewa

Nasrallah pernah mencoba membuat sup ini dan memberikannya pada orang mabuk. Ternyata sup bekerja dengan baik. Setelah menyantap sup ini, orang yang mabuk akan merasa lebih baik, tidak mual dan pusing.

Selain sup ini, Nasrallah juga mengatakan kalau juru masak saat itu juga kerap mengandalkan rebusan kol sebagai obat pereda mabuk. Air rebusan kol ini membantu menghilangkan efek mual yang didapatkan ketika orang sedang mabuk berat.

Baca juga : Slruup! Hangatnya Yak-Ka-Mein Jadi Obat Mabuk yang Ampuh



Simak Video "Nikmatnya Madumongso yang Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)