Slruup! Hangatnya Yak-Ka-Mein Jadi Obat Mabuk yang Ampuh

- detikFood Kamis, 11 Apr 2013 13:32 WIB
Foto: Epic Curious
Jakarta - Di beberapa daerah dunia, bubur dan air kelapa dikatakan bisa menghilangkan efek mabuk. Tapi, sebuah tim peneliti Amerika mengusulkan sebuah hidangan sup mie sapi sebagai alternatif paling ampuh pengusir sakit kepala karena mabuk.

Hidangan yang menjadi sorotan bernama Ya-Ka-Mein (biasa disebut Yakamee) adalah tipe beef noodle soup yang banyak ditemukan di restoran China daerah New Orleans. Mie kuah ini terbuat dari mie dan daging sapi rebus yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Telur rebus dan potongan daun bawang digunakan sebagai topping.

Citarasa Asia hidangan ini dikatakan berasal dari tentara Amerika dari New Orleans yang dulunya bermarkas di Korea pada tahun 1950an. Sebelum penelitian ini, Ya-Ka-Mein sudah mendapat julukan Old Sober karena menjadi obat ampuh pengusir efek mabuk.

  mengandung campuran sempurna dari garam, protein, karbohidrat, dan micronutrisi untuk menghentikan sakit kepala,” tutur Professor Alyson Mitchell dari University of California, Davis, Amerika Serikat kepada Daily Mail (11/04/2013).

Mabuk terjadi karena kadar ethanol dalam darah bercampur dengan dehidrasi. Efek racun yang dicerna oleh tubuh membentuk acetaldehyde dan kandungan bernama congeners. Hal ini memicu sakit kepala, mual, dan tubuh menjadi lelah.

“Red wine, brandy, dan whisky mengandung congeners lebih banyak daripada white wine dan minuman alkohol berwarna bening seperti vodka, selain itu karbonasi juga berpengaruh” tambah Professor Alyson.

Dalam pertemuan American Chemical Society ia menjelaskan bagaimana setiap bahan Ya-Ka-Mein bisa memerangi mabuk. Telur mengandung asam amino bernama cysteine yang menghilangkan acetyldehyde dari tubuh. Garam menggantikan sodium dan potasium yang hilang dalam air seni karena efek alkohol.

Sedangkan kandungan vitamin B1 atau Thiamine yang biasa ditemukan dalam daging dan ikan bisa mencegah terbentuknya glutarate. Kandungan zat ini yang memicu terjadinya sakit kepala sat mabuk. Professor Alyson menyatakan pembatasan asupan alkohol juga penting karena tubuh hanya bisa membuang 15 ml alkohol murni per jam.

(fit/odi)