Rich Brian Perkenalkan Resep Nasi Goreng Indonesia Berbumbu Kecap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Jan 2020 14:00 WIB
Foto: YouTube 88Rising
Jakarta - Rapper Indonesia, Rich Brian perkenalkan resep nasi goreng khas Indonesia. Dibuat dari bumbu kecap, ditaburi bawang goreng, dan tentu saja memakai topping telur mata sapi!

Rich Brian menunjukkan kemampuan memasak nasi goreng Indonesia dalam video singkat yang diunggah Insider (30/12). Rich Brian nampak ditemani Medha Imam selaku produser. Keduanya mengunjungi restoran Indonesia di East Village, New York bernama Bali Kitchen.

Di awal video dijelaskan kalau nasi goreng Indonesia mendapat pengaruh dari China. Adalah imigran China yang memperkenalkan nasi goreng pada sekitar abad ke-10. Racikan keduanya berbeda dimana nasi goreng China memakai kecap asin sedangkan nasi goreng Indonesia memakai kecap manis.

Rich Brian Perkenalkan Resep Nasi Goreng Indonesia Berbumbu KecapFoto: Istimewa

Jazz Souisay selaku pemilik restoran mengatakan, "Karena Indonesia memiliki banyak pulau, jadi tiap pulau memiliki racikan nasi goreng sendiri. Di Bali, nasi goreng memakai ragam rempah." Sementara Rich Brian punya definisi lebih simple tentang nasi goreng.

Baca Juga: Curhat Kangen Makanan Indonesia, Rich Brian Banjir Tawaran Rendang hingga Peyek

Menurutnya nasi goreng adalah makanan sederhana. "Di pagi hari dimana ketika bangun, Anda bisa mencium aroma khasnya karena nasi goreng dibuat di rumah," ujar pelantun "100 Degrees" ini.

Rich Brian Perkenalkan Resep Nasi Goreng Indonesia Berbumbu KecapFoto: Insider

Ia lalu beraksi meracik nasi goreng Indonesia. Memakai bumbu pasta kemiri, potongan ayam, dan telur, Rich Brian nampak luwes ketika masak. "Saat masak nasi goreng, Anda taruh semua bumbu dan isian di awal, lalu nasi terakhir," kata Rich Brian. Ia juga memakai bubuk kunyit, bawang putih, dan lada.

Tak butuh waktu lama, nasi goreng pun siap disantap. Ia menaruhnya di atas wadah beralas daun pisang. Ada juga tambahan telur mata sapi, taburan bawang goreng, kerupuk, dan acar.

Ketika dicicip, Medha mengaku suka rasa nasi goreng yang asin. Sementara menurut Rich Brian, nasi goreng buatannya lebih asin dari yang ia duga. Hanya saja Medha sempat batuk karena kepedasan di awal. Ia tak kuat menahan sengatan lada yang dipakai banyak oleh Rich Brian.

Rich Brian Perkenalkan Resep Nasi Goreng Indonesia Berbumbu KecapFoto: Insider

Namun, alih-alih mengomentari aksi Rich Brian masak nasi goreng, video Insider di Twitter ini justru banjir komentar tak terduga. Banyak netizen salah fokus dengan informasi yang menyebut kalau nasi goreng merupakan hidangan yang menyerupai 'fried rice'.

Mereka menulis kalau nasi goreng sesungguhnya 'fried rice' sebab penamaannya secara harfiah mengikuti arti 'fried rice'.

Rich Brian Perkenalkan Resep Nasi Goreng Indonesia Berbumbu KecapFoto: Istimewa

Sebelumnya Rich Brian pernah coba membuat burger. Ia meracik burger ala Indonesia, sementara Joji yang mendampinginya membuat burger asal Jepang. Brian memasukkan unsur sate dalam burger tersebut. Lengkap dengan paduan mentimun yang renyah!

Baca Juga: Rich Brian dan Joji Adu Kebolehan Bikin Buger, Siapa yang Juara?




Simak Video "Undur-undur Crispy, Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)