Viral Foto Pelayan Antar Dimsum Pakai Perahu Saat Banjir, Ini Faktanya

Riska Fitria - detikFood Kamis, 02 Jan 2020 16:00 WIB
Foto: Instagram @hakadimsum
Jakarta - Beredar luas foto dua orang pelayan restoran dimsum di Kemang yang mengantarkan pesanan saat banjir menggunakan perahu karet. Ternyata ini faktanya.

Curah hujan yang tinggi membuat kawasan Jabodetabek dilanda banjir. Salah satunya kawasan Kemang yang sudah menjadi langganan banjir setiap kali musim hujan tiba. Meskipun banjir, sebuah restoran dimsum di Kemang tetap membuka gerainya.

Restoran 'Haka Dimsum' yang terkenal dengan gerainya yang buka selama 24 jam. Meskipun dalam keadaan banjir mereka pun tetap melayani pelanggan yang mengunjungi restorannya untuk menikmati dimsum.
Viral Foto Pelayan Antar Dimsum Pakai Perahu Saat Banjir, Ini FaktanyaFoto: Instagram @hakadimsum

Baru-baru ini beredar sebuah foto yang memperlihatkan dua orang pelayan restoran Haka Dimsum sedang menaiki perahu karet di tengah banjir sambil membawa beberapa plakat bambu berisi dimsum. Foto tersebut menjadi viral, setelah diunggah oleh restoran itu sendiri melalui instagramnya.

"HAKA BSD dan Kemang tetap buka seperti biasa, jualan pantang menyerah agar tetap bisa hidup sentosa. Ada yang ingin dijemput pakai perahu?," tulisnya dalam keterangan foto.

Baca Juga : Menyedihkan! 5 Kisah Kelaparan Para Korban yang Terjebak Banjir

Dari foto tersebut banyak netizen yang menanggap bahwa pelayan restoran dimsum tersebut benar-benar mengarungi banjir demi mengantar pesanan dimsum. Detikcom pun langsung menghubungi pihak Haka Dimsum melalui telepon pada (2/1) untuk mendapat informasi lebih lanjut.
Viral Foto Pelayan Antar Dimsum Pakai Perahu Saat Banjir, Ini FaktanyaFoto: Instagram @hakadimsum

Menurut Kenny Pranata, pemilik Haka Dimsum, banyak netizen yang salah paham atas foto yang beredar luas tersebut. Pihak Haka Dimsum cabang Kemang mengatakan bahwa mereka memang sengaja mengambil foto tersebut, tetapi bukan karena sedang mengantarkan pesanan melainkan untuk maksud lain.

"Sebenarnya itu foto itu diambil dengan maksud menginformasikan saja kepada pelanggan kami, bahwa kita kan emang buka 24 jam. Nah, karena banjir melanda, dengan foto itu kita mau kasih tau kalau kami tetap buka. Sekaligus kita mau kasih tau suasana banjir yang terjadi di depan restoran kita," ujar Kenny.

Lebih lanjut, Kenny Pranata juga menjelaskan bahwa perahu yang digunakan oleh karyawannya itu merupakan perahu yang memang disediakan untuk masyarakat untuk melintasi jalanan yang banjir. Bukan hanya viral, setelah foto tersebut diunggah ternyata juga berguna untuk menolong korban banjir yang berada di sekitar restoran.
Viral Foto Pelayan Antar Dimsum Pakai Perahu Saat Banjir, Ini FaktanyaFoto: Instagram @hakadimsum

"Jadi setelah dua menit habis diupload, ada netizen yang minta hubungi kita untuk dicarikan evakuasi korban banjir di kawasan Kemang. Karena kita bukan tim penolong yang resmi, jadi kita carikan bantuan ke Balai Serbaguna," tutur Kenny.

Kenny juga menambahkan bahwa di balai serbaguna pihak restoran Haka Dimsum juga memberikan bantuan dengan mengirimkan makanan ke balai tersebut.

Baca Juga : Haka Dimsum Shop: Di Sini Bisa Makan Dimsum Enak 24 Jam

Simak Video "Banjir Jakarta, Omzet Pedagang Kuliner di 'Thamrin 10' Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)