Malam Tahun Baru, Ini 7 Jenis Makanan untuk Disantap Bareng Keluarga

Niken Widya Yunita - detikFood Selasa, 31 Des 2019 15:30 WIB
Foto: iStock/Malam Tahun Baru, Ini 7 Jenis Makanan untuk Disantap Bareng Keluarga
Jakarta - Malam Tahun Baru masih bingung mau makan bareng apa bersama keluarga? Rekomendasi di bawah ini bisa jadi alternatif makanan malam Tahun Baru bareng keluarga.

Biasanya saat malam Tahun Baru, kita berkumpul bersama keluarga. Biasanya menu yang dihidangkan serba barbeku yakni menu bakar. Namun kamu juga bisa makan makanan menu non bakar.

Berikut ini jenis makanan malam Tahun Baru untuk dirayakan bareng keluarga:



1. Jagung Bakar

Jagung bakar merupakan menu wajib malam Tahun Baru. Masyarakat Indonesia menjadikan menu ini untuk merayakan pergantian Tahun Baru.

Harga jagung bakar tidak mahal dan mudah didapat. Dari siang, penjual jagung sudah bermunculan. Bahkan ada juga penjual jagung bakar yang sudah jadi.

Untuk memasaknya di rumah, kamu bisa memilih menu pedas, asin, atau, pedas manis. Jangan sampai terlalu gosong memasaknya ya detikers!


2. Sosis Bakar dan Daging

Sosis bakar jangan sampai ketinggalan untuk menu makan malam Tahun Baru bareng keluarga. Selain itu kamu bisa memasak daging yang bisa dibeli secara online atau di pasar, serta supermarket. Daging yang dipilih bisa jenis sirloin, tenderloin, atau T-bone.


3. Ikan Bakar

Makanan malam Tahun Baru yang selalu ada yakni ikan bakar. Ikan bakar bisa jenis ikan bakar, gurame, baronang, kerapu, bawal, dan sebagainya.

Agar tidak amis, tambahkan bumbu-bumbu dan jeruk lemon. Untuk bumbu setelah ikan bakar jadi, bisa dengan kecap manis, bawang merah dan putih, merica, garam, hingga jeruk nipis.


4. Ayam Bakar

Buat yang tidak suka ikan, menu ayam bakar bisa menjadi alternatif makanan makan malam Tahun Baru. Kamu bisa membuat ayam bakar dengan campuran bumbu bawang merah, bawang putih, saus cabai, minyak, jahe, merica, gula dan garam.



5. Kentang Goreng

Untuk yang tidak mau makan nasi, kamu bisa makan kentang goreng. Kentang goreng bisa dimakan sebagai pendamping makanan ala barbeku. Jangan lupa bubuhkan garam sebelum kentang digoreng. Jika kentang sudah disiapkan garam, siapkan sambal atau bumbu seperti mayonaise dan bumbu keju untuk menikmatinya.

6. Mi

Mi rebus atau mi goreng bisa menjadi alternatif makanan malam Tahun Baru. Jangan khawatir berat badan, sekarang banyak mi sehat yang dijual di minimarket, supermarket, atau lewat online. Agar tambah sehat, kamu bisa tambahkan sayuran seperti sawi. Selain itu kamu bisa menambahkan telur dan cabai rawit agar rasa mi lebih nikmat.



7. Kacang Rebus

Menu makanan camilan berupa rebus-rebusan harus masuk dalam daftar makanan malam Tahun Baru kamu. Kamu bisa memasak kacang rebus di rumah. Atau jika tidak sempat, kamu bisa membeli kacang rebus yang sudah jadi. Makanan rebusan lainnya juga bisa berupa ubi rebus.

Itulah jenis makanan malam Tahun Baru ya. Jangan lupa siapkan arang ya. Kamu juga bisa menyiapkan minuman sebagai pendamping makanan malam Tahun Baru, seperti bajigur, kopi, teh, dan jahe. Selamat Tahun Baru 2020!


(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com