Yuk! Bikin Popcorn Renyah Anti Gosong dengan 5 Langkah Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 31 Des 2019 10:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ
Jakarta - Selain berpesta bbq, malam pergantian tahun juga bisa diisi dengan menonton film favorit. Sambil nonton, paling enak ngemil popcorn.

Kalau sudah menyiapkan aneka film untuk movie marathon, jangan lupa juga siapkan camilan renyah. Popcorn bisa jadi pilihan camilan renyah rendah kalori yang bisa jadi teman nonton.

Popcorn asin atau manis ala bioskop bisa juga lho dibuat sendiri. Anda juga bisa menambahkan aneka bumbu perasa untuk membuat popcorn lebih menggoda. Simak tips simpel berikut untuk menghasilkan popcorn kriuk anti gosong.

1. Siapkan bahan
Yuk! Bikin Popcorn Renyah Anti Gosong dengan 5 Langkah IniFoto: iStock

Popcorn bisa dibuat dengan mengandalkan 3 bahan utama yakni biji jagung khusus popcorn, mentega dan garam. Dengan tiga bahan ini, popcorn gurih bisa dibuat di rumah.

Jagung popcorn banyak dijual di pasaran. Bentuknya bulir jagung kering yang teksturya keras. Anda juga bisa memanfaatkan jagung popcorn instan yang ada di supermarket. Jagung popcorn ini biasanya sudah dilengkapi aneka bumbu perasa.

Baca juga : Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

2. Siapkan alat membuat popcorn
Yuk! Bikin Popcorn Renyah Anti Gosong dengan 5 Langkah IniFoto: iStock

Ada beberapa alat masak yang dibutuhkan untuk membuat popcorn. Anda butuh menyiapkan kompor dan panci yang dilengkapi penutup.

Sesuaikan ukuran panci dengan jumlah popcorn yang akan dimasak. Jika memasak dalam jumlah banyak, gunakan panci yang besar. Siapkan juga wadah berukuran agak besar untuk menampung popcorn yang sudah matang.

3. Proses memasak
Jika bahan dan alat sudah siap, saatnya memasak popcorn. Pertama lelehkan mentega lalu masukan jagung popcorn, masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga mentega merata.

Jika sudah ada popcorn yang meletup, segera tutup panci dan biarkan proses memasak hingga seluruh jagung popcorn meletup. Waktu pemasakan ini tidaklah lama jadi jangan meninggalkan kompor.

Jika suara letupan sudah berkurang atau berhenti, segera matikan api. Aduk popcorn dengan cara mengguncangkan panci secara perlahan.

4. Beri bumbu perasa
Yuk! Bikin Popcorn Renyah Anti Gosong dengan 5 Langkah IniFoto: iStock

Jika popcorn sudah matang seluruhnya, beri bumbu perasa agar lebih lezat. Anda bisa mengandalkan garam untuk menambah rasa asin gurih pada popcorn.

Tak hanya garam, kini banyak bumbu bubuk aneka rasa yang bisa juga diandalkan untuk membuat rasa popcorn lebih menarik. Tambahkan bubuk perasa barbekyu, sapi panggang atau jagung bakar untuk rasa popcorn yang lebih istimewa.

Baca juga : Mengapa Popcorn di Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri?

5. Membuat popcorn karamel
Yuk! Bikin Popcorn Renyah Anti Gosong dengan 5 Langkah IniFoto: iStock

Popcorn karamel yang manis legit juga tak kalah menggoda. Popcorn manis dengan lapisan gula legit ini membuat sensasi nonton di rumah seperti sedang nonton di bioskop.

Untuk membuat saus karamel, campurkan mentega, gula palem dan susu kental manis. Masak hingga menjadi karamel lalu campurkan pada popcorn yang sudah matang. Kocok dalam wadah besar lalu panggang dalam oven selama 30 menit. Popcorn karamel siap dinikmati.



Simak Video "Resep Ayam Popcorn Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ