Pesta BBQ

3 Tips Jitu Bikin Jagung Bakar Buat Malam Tahun Baru

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 30 Des 2019 18:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ
Jakarta - Jagung bakar sering hadir saat pesta BBQ. Untuk membuat yang enak, tips bikin jagung bakar ini wajib dicoba. Mulai dari cara memilih hingga panggangan nya.

Selain hadirnya menu ayam panggang, sate daging, dan ikan bakar, jagung bakar juga merupakan hidangan yang dipilih orang Indonesia untuk pesta BBQ di rumah bersama keluarga atau teman-teman. Selain bahannya mudah didapatkan, harganya pun terjangkau. Cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Jagung bakar yang enak tergantung bagaimana proses pengolahannya. Pemilihan jagung serta bumbu yang tepat jadi faktor utama menghasilkan jagung bakar yang enak. detikFood merangkum tips bikin jagung bakar seperti berikut.

1. Cara memilih jagung

3 Tips Bikin Jagung Bakar untuk Meriahkan Pesta BBQFoto: iStock

Kunci utama untuk mendapatkan hasil jagung bakar yang enak terdapat pada cara memilih jagung yang tepat. Untuk menghasilkan jagung bakar yang empuk dan cita rasa manis jagungnya keluar, Anda perlu memilih jagung yang tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda.

Jagung yang dipilih harus yang masih muda dan jenis jagung manis. Biasanya ditandai dengan memiliki biji yang besar. Karena saat jagung ini dibakar, rasa manis dari jagung akan menambah kenikmatannya saat disantap.

2. Bumbu untuk jagung bakar

3 Tips Bikin Jagung Bakar untuk Meriahkan Pesta BBQFoto: iStock

Tips bikin jagung bakar selanjutnya adalah soal bumbu. Kebanyakan orang memilih bumbu sederhana berupa olesan mentega atau margarin. Keduanya akan menambahkan cita rasa gurih pada jagung bakar. Mengoleskannya juga sangat praktis.

Selain mentega atau margarin, Anda juga bisa menambahkan olesan saus sambal, tomat, atau pun BBQ agar rasanya lebih nikmat. Ketiga saus itu pun bisa diracik dan dicampurkan satu, lalu dioleskan ke seluruh permukaan jagung. Tak hanya menghasilkan cita rasa manis dan gurih namun juga sedap dari aneka saus yang dioleskan tersebut.

3. Panggangan yang dipakai

3 Tips Bikin Jagung Bakar untuk Meriahkan Pesta BBQFoto: iStock

Jagung bakar bisa dibakar dengan alat panggangan jenis apapun, seperti panggangan arang, panggangan listrik, panggangan gas, kabinet, ataupun grill pan. Bahkan hanya dengan menggunakan sumbu kompor gas saja, jagung bakar akan matang dan bisa disantap.

Namun yang paling pas adalah panggangan arang karena jagung akan matang secara merata dan cita rasanya akan khas. Panggangan arang juga memiliki banyak ukuran, kalau hanya untuk pesta BBQ saat tahun baru, panggangan dengan ukuran kecil sudah bisa dimanfaatkan.

Untuk informasi yang lebih detail, bisa Anda baca di sini

Simak Video "Resep Udang Bakar Enak Anti Ribet"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Pesta BBQ