Pesta BBQ

Ini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak dan Juicy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 28 Des 2019 18:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ
Jakarta - Resep jagung bakar ini mudah ditiru untuk pesta BBQ tahun baru. Ada olesan bumbu pedas manis asin hingga BBQ. Mantap!

Pesta BBQ tahun baru makin lengkap dengan kehadiran jagung bakar. Terlihat sepele, tapi ada trik untuk membakar jagung agar empuk, renyah, dan enak. Berikut resep jagung bakar enak yang bisa Anda tiru.

1. Memilih jagung

Ini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak dan JuicyFoto: iStock

Hal paling penting adalah memilih jagung yang tepat. Pilih jagung manis yang tidak terlalu muda atau tua. Untuk mengenalinya, jika jagung cukup keras di ujung dan pangkalnya, berarti jagung cukup tua.

Perhatikan cirinya, pilih yang segar dan masih berkulit. Ditandai dari permukaannya yang mulus dengan biji-biji besar. Biasanya jagung ini terasa manis.

2. Bakar dengan kulit

Ini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak dan JuicyFoto: iStock

Jagung manis bisa dibakar dengan kulit. Ini berarti Anda tidak perlu mengupas kulitnya. Tinggal bakar bonggol jagung di atas panggangan. Sesekali intip bagian dalamnya untuk tahu apakah jagung sudah matang.

Proses ini membuat kulit jagung agak hitam nantinya di bagian luar, namun dalamnya terasa juicy. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 15 menit. Tapi hati-hati saat mengupasnya, tangan Anda bisa saja hitam karena arang.

Baca Juga: Viral! Cara Makan Jagung Super Praktis Pakai Tusuk Sate

3. Bakar tanpa kulit

Ini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak dan JuicyFoto: iStock

Cara yang umum dilakukan adalah membakar jagung tanpa kulit. Anda harus mengupas kulit perlahan dari bawah menuju pangkal jagung. Lakukan perlahan agar semua kulit tertarik, namun tidak terlepas dari bonggolnya.

Bersihkan juga rambut jagung yang masih menempel. Selanjutnya letakkan jagung di atas panggangan. Bakar jagung kira-kira 10 menit. Cara ini membuat jagung lebih cepat matang, hanya saja tidak akan sejuicy jika jagung dipanggang dengan kulit.

4. Dibungkus aluminium foil

Ini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak dan JuicyFoto: iStock

Cara membakar jagung ini adalah Anda perlu mengupas kulit jagung lebih dulu. Bungkus dengan alumunium foil dan bakar sambil balik-balik beberapa kali hingga matang. Butuh waktu kira-kira 15 menit.

Cara ini memungkinkan Anda tidak kotor saat mengupas jagung. Untuk tekstur dan rasanya tak jauh berbeda seperti jagung dibakar dengan kulit, lebih juicy. Hanya saja tidak terlalu manis karena kurangnya proses karamelisasi.

5. Bumbu olesan jagung bakar

Ini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak dan JuicyFoto: iStock

Jagung bakar tentunya lebih enak dengan olesan bumbu yang pas. Anda bisa meraciknya dari berbagai bumbu. Kalau suka pedas manis asin, racik bumbu olesan dari madu, mentega, dan saus sambal botolan.

Suka rasa asin pedas? Buatlah bumbu olesan dari saus sambal botolan, margarin, dan kaldu ayam bubuk. Cita rasa BBQ juga enak. Olesan ini bisa diracik dari lelehan margarin, saus BBQ, saus sambal botolan, dan madu.

Baca Juga: Setelah Pizza, Kini Jagung Bakar dan Taco Dibuat Warna-warni Unicorn



Simak Video "Resep Udang Bakar Enak Anti Ribet"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ