Para Wanita Ungkap Kebiasaan Makan Super Hemat di Tahun 2019

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Des 2019 15:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kebiasaan makan ternyata sangat mempengaruhi pengeluaran bulanan. Para wanita inipun mengungkap kebiasaan makan yang membuatnya super hemat tahun ini.

Menjelang pergantian tahun, tak ada salahnya membuat resolusi finansial baru. Misalnya menghemat pengeluaran agar bisa menyisihkan lebih banyak dana untuk ditabung. Melakukannya tak sulit, Anda bisa mengikuti langkah pilihan para wanita di Australia ini.

Dikutip dari Daily Mail (27/12), mereka membagikan tips berhemat lewat unggahan Facebook. Beberapa diantaranya adalah menghindari kebiasaan makan di restoran, mengurangi konsumsi daging dan minuman beralkohol, tidak makan junk food, hingga membuat bekal makan siang sendiri.

Para Wanita Ungkap Kebiasaan Makan Super Hemat di Tahun 2019Foto: iStock

"Membuat bekal makan sendiri dan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu memberi dampak besar pada penghematan pengeluaran," tulis seorang wanita. Ia bahkan mengaku bisa menyisihkan AUD 10.000 atau sekitar Rp 97 juta tahun ini karena hal tersebut.

Baca Juga: Mau Belanja Bulanan Hemat? Perhatikan 10 Tips penting Ini

Netizen wanita lain menyoroti kebiasaan makan berupa pembelian kopi. Disarankan buat sendiri minuman kopi di rumah alih-alih membelinya di kafe atau coffee shop. Dengan begini, seseorang bisa berhemat AUD 1.200 (Rp 11,6 juta) per tahun.

Para Wanita Ungkap Kebiasaan Makan Super Hemat di Tahun 2019Foto: iStock

Yang juga bisa dilakukan adalah masak sendiri dan mempelajari bagaimana cara efektif menyiapkan menu. "Jarang membeli makanan di luar. Menghemat ribuan (dollar)," tulis seorang wanita.

Untuk merencanakan belanja makanan hemat, tips dari YouTuber Dapur Kecil Mungil Lidya ini bisa jadi panduan. Ia hanya mengeluarkan Rp 176.000 untuk stok makan seminggu yang bisa dinikmati 3 orang.

Tips pertama adalah menentukan target belanja. Semua bahan makanan sebaiknya dibeli sesuai kebutuhan. Bisa lebih efektif kalau Anda mencatat lebih dulu bahan makanan yang ingin dibeli. Tips lainnya adalah membeli ragam lauk namun dalam jumlah tak terlalu banyak.

Para Wanita Ungkap Kebiasaan Makan Super Hemat di Tahun 2019Foto: iStock

Baca Juga: Makan Seminggu Cuma Habis Rp 176 Ribu, Ini Panduan Belanjanya!

Selain itu, kebiasaan makan makanan cepat saji juga merupakan pemborosan. Sebaiknya tak lagi melakukan pemesanan pizza, burger, sushi, dan lainnya. Sebagai alternatif, buat sendiri makanan cepat saji favorit tersebut. Seorang wanita berujar, "Lebih sehat dan lebih murah."

Tak kalah menarik perhatian, seorang wanita mengaku penghematan terbesarnya tahun ini adalah karena ia mengurangi kebiasaan makan daging dan minuman alkohol. Seperti diketahui, kedua produk makanan ini berharga tinggi.



Simak Video "Unik! Ada Waffle Crunchy Isi Rendang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)