Ketchup, Saus Tomat yang Populer di Amerika Aslinya dari Asia

Riska Fitria - detikFood Kamis, 26 Des 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bagi orang Amerika, kurang lengkap rasanya kalau menyantap makanan fast food tanpa saus tomat. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya saus tomat berasal dari Asia?

Saus tomat atau orang Amerika biasa menyebutnya dengan sebutan ketchup merupakan salah satu bumbu favorit orang Amerika. Sebuah data menyebutkan bahwa 90% orang di Amerika selalu memiliki saus tomat botol di dalam kulkasnya.

Biasanya orang Amerika menggunakan saus tomat sebagai bumbu pelengkap saat makan kentang goreng, burger, hot dog, pizza, pasta dan lain sebagainya. Saus tomat memiliki perpaduan antara rasa asam, manis dan gurih sehingga cocok dijadikan bumbu pelengkap makanan.
Ketchup, Saus Tomat yang Populer di Amerika Aslinya Berasal dari AsiaFoto: iStock

Saus tomat sangat populer di Amerika. Namun, ternyata saus tomat pertama kali ditemukan di Asia. Dilansir dari Insider (21/12) pada abad ke-17, pertama kali orang Inggris menemukan saus tomat yang terbuat dari fermentasi ikan di Vietnam.

Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan sebuah buku resep berjudul "Ketchup in Paste" yang diterbitkan oleh Richard Bradley pada tahun 1732. Kemudian, orang Inggris mencoba untuk membuat saus tomat sendiri dengan rasa fermentasi tersebut.

Baca Juga : Dicocol Apa Saja, Kenapa Saus Tomat Enak Gurih Rasanya Ya?

Saat itu orang Inggris menggunakan bahan-bahan seperti jamur, walnut, dan tiram. Mereka bahkan tidak menggunakan campuran tomat untuk bahan-bahannya. Sampai pada tahun 1812, seorang peneliti bernama James Mease menambahkan tomat pertama kali untuk bahan dasar membuat saus tomat yang mereka kenal dengan sebutan 'Ketcup'.
Ketchup, Saus Tomat yang Populer di Amerika Aslinya Berasal dari AsiaFoto: iStock

Hal itu juga dikatakan oleh seorang profesor sejarah makanan bernama Andrew Smith melalui bukunya yang berjuaul 'Pure Ketchup: A History of America's National Condiment'. Menurutnya setelah Inggris menemukan saus tomat tersebut, kemudian saus itu dibawa ke Inggris dan diperkenal hingga ke Amerika.

Dalam buku tersebut juga menjelaskan tentang asal-usul kata 'ketchup' sebagai sebutan saus tomat di Amerika. Kata 'Ketchup' berasal dari kata 'Ke-tsiap' yang merupakan bahasa dialek Amoy China yang artinya 'air asin dari acar ikan'.
Ketchup, Saus Tomat yang Populer di Amerika Aslinya Berasal dari AsiaFoto: iStock

Hingga sampai saat itu saus tomat masih menjadi bumbu pelengkap populer di Amerika. Di Amerika ada dua merek saus tomat yang terkenal, yaitu Heinz dan Hunt's. Kedua merek tersebut menjadi andalan orang Amerika ketika mencari produk saus tomat.

Baca Juga : Bagaimana Membuat Saus Tomat Sendiri yang Enak?

Simak Video "Mengintip Pembuatan Kue Keranjang dengan Resep dari Tiongkok"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)