Mahir Buat Hiasan dari Sayuran, Kisah Bocah 6 Tahun Ini Bikin Sedih!

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 24 Des 2019 09:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bocah 6 tahun ini mahir mengukir dan membuat hiasan dari sayuran. Ternyata ia punya perjalanan dan beban hidup yang berat dibalik keahliannya ini.

Beberapa waktu yang lalu media dan netizen China, sempat dihebohkan dengan kisah seorang gadis kecil yang mahir memasak, menyiapkan sayuran, hingga memotong sayuran dalam berbagai bentuk mulai dari kodok hingga naga.

Baca juga: Kasihan! Anak-anak Ini Punya Kisah Sedih di Balik Momen Makannya
Mahir Buat Hiasan dari Sayuran, Kisah Bocah 6 Tahun Ini Bikin Sedih!Foto: Istimewa

Kini gadis kecil bernama Liu Limei yang berasal dari China ini kembali menarik perhatian banyak orang. Dilansir dari halaman Facebook SCMP(24/12), bocah berusia 6 tahun ini semakin handal menggunakan pisau tajam berukuran besar untuk merubah berbagai sayuran, menjadi karya seni dan hiasan yang indah.

Dibalik semua keahliannya ini, Liu memikul banyak beban hidup di pundaknya. Sejak kecil Liu menderita gangguan ginjal, sementara sang adik yang masih kecil, menderita leukemia. Karena kondisinya dan sang adik yang terus sakit-sakitan, di tahun 2017 lalu sang ibu meninggalkan mereka begitu saja, karena tak sanggup dengan hutang biaya pengobatan yang terus menumpuk.

Dari sini lah Liu belajar mandiri, ia mulai belajar memasak hingga mengurus adiknya, karena sang ayah sibuk bekerja, mencari uang untuk biaya pengobatan mereka berdua. Hingga Liu harus berhenti sekolah karena hal ini.
Mahir Buat Hiasan dari Sayuran, Kisah Bocah 6 Tahun Ini Bikin Sedih!Foto: Istimewa

"Semenjak tahun 2017, saya lah yang mengurus mereka berdua. Saya mengajarkan mereka untuk mandiri, dan melakukan pekerjaan sehari-hari. Karena semakin cepat mereka mandiri, semakin cepat saya dapat menemukan pekerjaan untuk mencari uang," tutur sang ayah.

Tapi Liu tak pernah merasa sedih, bahkan ia dengan suka hati mengurus adiknya, dan sering menyemangati sang ayah, jika sang ayah merasa lelah dan putus asa.

Melihat keahlian Liu mahir mengukir sayuran hingga buah, sang ayah memutuskan untuk mengunggah video Liu di internet, demi mendapatkan uang tambahan untuk biaya pengobatannya. Untungnya, semuanya berbuah manis, video Liu langsung viral di internet.
Mahir Buat Hiasan dari Sayuran, Kisah Bocah 6 Tahun Ini Bikin Sedih!Foto: Istimewa

Banyak netizen yang simpati dengan kisah Liu, dan memutuskan untuk membuka donasi, untuk membantu Liu dan sang adik. Bahkan total sumbangannya mencapai angka 800,000 yuan (Rp 1,6 miliar).

Sumbangan dari banyak orang ini lah, yang membuat Liu berhasil pergi ke Beijing, untuk berobat. Dan tentunya, sang adik pun mendapatkan pengobatan yang lebih layak.

"Saya memilih untuk tetap positif. Ibunya telah meninggalkan mereka, jika saya tidak bertahan, siapa yang akan mengurus mereka berdua?" Pungkas sang ayah.

Hingga saat ini video Liu mengukir sayuran dan perjalanan hidupnya, sudah disukai lebih dari 5,700 pengguna Facebook, mendapatkan lebih fari 200 komentar, dan dibagikan 2,100 kali.

Baca Juga: Video Makan Viral Ini Punya Kisah Perjuangan Anak-anak yang Bikin Haru

Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)