Sisa Makanan Perang Dunia Ini, Dilelang dengan Harga Fantastis

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 22 Des 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Meski sudah berlalu selama berpuluh-puluh tahun lalu. Tapi ada beberapa makanan dari masa Perang Dunia, yang masih tersimpan dengan baik hingga sekarang. Harganya pun melonjak tinggi.

Perang Dunia I terjadi pada tahun 1914 dan 1918. Sementara Perang Dunia II, terjadi pada tahun 1939 hingga 1945. Dari perang dunia ini, banyak tentara hingga orang-orang yang gugur. Banyak juga kisah yang terselip di baliknya.

Baca Juga: Wouw! Mince Pie Masa Perang Dunia II Ditemukan di Bawah Lantai Hotel
Sisa Makanan Perang Dunia Ini, Dilelang dengan Harga FantastisFoto: Istimewa

Selain peninggalan berupa surat, mendali, hingga foto, para prajurit dari masa perang dunia juga biasanya menyimpan makanan, hingga camilan sebagai bekal ketika mereka berada di medan perang dan jauh dari rumah. Di antaranya, banyak makanan yang tertinggal dan baru ditemukan puluhan tahun kemudian.

Salah satunya ada mince pie atau pie daging khas Inggris, yang tersimpan sempurna selama 70 tahun. Mince pie ini diprediksi dibuat pada masa Perang Dunia II, di mana seorang prajurit bernama Davis, dibekali kue pie daging ini oleh sang ibu saat ia bertugas di Inggris.

Sayangnya kue pie itu tak pernah disentuh oleh Davis, dan tersembunyi di bawah lantai hotel Loch. Kue pie peninggalan dari Perang Dunia II ini, masuk ke dalam benda bersejarah, yang memiliki harga dan nilai jual yang tinggi.
Sisa Makanan Perang Dunia Ini, Dilelang dengan Harga FantastisFoto: Istimewa

Selain itu ada juga penemuan cokelat cadburry yang berusia lebih dari 103 tahun. Cokelat ini ditemukan dalam kaleng cantik, milik prajurit bernama Richard yang bertugas di masa Perang Dunia II. Richard dikabarkan, mengirim kaleng berisi hadiah. Salah satunya cokelat batangan Cadbury.

Penemuan cokelat ini dilelang dengan kisaran harga $2.600 (Rp. 36.400.000,-), dan harganya terus melonjak naik setiap tahunnya, karena memiliki nilai sejarah dibaliknya.

Lalu ada juga biskuit dari masa Perang Dunia I, yang berusia ratusan tahun, dan dilelang dengan harga dimulai dari £60 (Rp 1,095,584). Biskuit ini merupakan ransum dari salah satu prajurit di masa Perang Dunia I.
Sisa Makanan Perang Dunia Ini, Dilelang dengan Harga FantastisFoto: Istimewa

Tapi tak semua penemuan makanan dari masa Perang Dunia berakhir di meja lelang. Ada juga yang memutuskan untuk mengonsumsinya sendiri, meski pun makanan itu sudah berusia puluhan tahun.

Salah satunya adalah prajurit bernama Henry, yang memutuskan untuk memakan kue yang ia dapatkan saat bertugas di Perang Vietnam. Kue ini diperkirakan dibuat pada masa Perang Dunia II, dan Henry pun menyantapnya di tahun 2009. Tak hanya kue, biskuit dari era Civil War atau perang saudara di Amerika pun banyak yang masih bisa dimakan hingga sekarang.

Baca Juga: Ini Isi Bekal Sarapan hingga Makanan yang Dibawa Para Tentara Dunia

Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)