Wouw! Mince Pie Masa Perang Dunia II Ditemukan di Bawah Lantai Hotel

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 26 Des 2018 13:45 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kue tradisional biasanya hanya bertahan dalam hitungan hari atau minggu. Namun mince pie yang satu ini masih tersimpan sempurna selama 70 tahun di dalam kaleng.

Mince pie merupakan kue tradisional asal Inggris, yang menjadi ikon Natal. Dulunya, mince pie hanya diisi dengan daging sapi atau kambing. Tapi kini banyak mince pie yang berisi buah-buahan kering, dan rempah lainnya. Sesuai dengan namanya kue ini berentuk pie bundar dan setelah diisi atasnya ditutup dengan adonan bundar lalu dipanggang.

Baca Juga: Para Arkeolog Temukan Roti Tertua di Dunia dari Ribuan Tahun Lalu
Wouw!  Mince Pie Masa Perang Dunia II Ditemukan di Bawah Lantai HotelFoto: Istimewa
Dilansir New York Post (24/12), kue ikonik ini pertama kali ditemukan di tahun 1998. Ketika hotel Loch di Douglas, Inggris, tengah direnovasi. Mince pie ini memang sudah ditemukan sejak 20 tahun lalu, tapi keberadaannya sebagai barang antik sempat dilupakan.

Diketahui lebih lanjut, mince pie yang berusia puluhan tahun itu merupakan hadiah dari seorang ibu, untuk putranya yang berkerja sebagai penjahit. Penjahit ini dikenal dengan nama Phil Davis.

"Kaleng kue mince pie ini dapat menggambarkan bahwa perang adalah hal yang mendunia, tapi mempengaruhi semua aspek dalam manusia," tutur Matthew Richardson, selaku kurator sejarah dari Manx National Heritage.
Wouw!  Mince Pie Masa Perang Dunia II Ditemukan di Bawah Lantai HotelFoto: Istimewa
"Pemilik kue ini mungkin merupakan pria muda, yang mungkin pertama kali meninggalkan rumah dalam hidupnya. Berlatih ke medan perang. Kita bisa membayangkan bagaimana perasaan sang ibu, ketika ia menyiapkan kue ini untuk putranya," lanjut Matthew.

Kesan klasik dan antik semakin terlihat dari bagian kaleng kue, yang menggunakan kaleng bekas permen karet di jaman dulu. Di dalam kaleng itu ada sepucuk surat yang dikirimkan oleh ibu Davis, di mana sang putra tengah menjalani pelatihan angkatan laut di salah satu sekolah militer.

Dalam surat itu, sang ibu menceritakan tentang kehidupan keluarganya sehari-hari. Di akhir surat, sang ibu menyematkan kata-kata terakhirnya.

"Kami akan sangat senang, ketika kamu mulai bertugas. Semoga yang terbaik. Cinta dari ibu," tulisnya.

Pada saat Perang Dunia II, para prajurit dan pelaut sering bersembunyi di hotel hingga tempat penginapan di pesisir kota Douglas.

Matthew menjelaskan bahwa kue mince pie ini berisi potongan buah yang telah dikeringkan, dan beberapa rempah. Mungkin Davis sengaja menyembunyikan kue ini, untuk mencegah kue diambil oleh orang lain.
Wouw!  Mince Pie Masa Perang Dunia II Ditemukan di Bawah Lantai HotelFoto: Istimewa
Karena kaleng ini diletakan dibawah lantai yang punya kondisi lembab, sehingga kondisi kue masih utuh hingga sekarang.

"Jika Anda berbagi kamar dengan 5 atau 6 orang pria, Anda harus mengamankan barang-barang Anda dan menyembunyikannya. Saya tidak tahu apakah Davis pernah memakan kue pie ini, tapi kemungkinan dia tidak sempat membawa kue ketika pergi dari hotel ini," pungkas Matthew.

Kini kaleng berisi barisan kue mince pie yang berusia lebih dari 70 tahun, sudah ditampilkan di Manx Museum, di Douglas untuk pertama kalinya.

Penemuan makanan dari masa Perang Dunia bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya ditemukan cokelat Cadbury dengan kondisi yang masih baik, meski sudah disimpan sejak era Perang Dunia I.

Baca Juga: Cokelat Cadbury Berusia 103 Tahun dari Perang Dunia I Ini Akan Segera Dilelang (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com