4 Cara Membuat Latte Art Tanpa Mesin Espresso di Rumah

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 19 Des 2019 10:30 WIB
Cara membuat latte art. Foto: iStock
Jakarta - Tak punya mesin espresso, kamu tetap dapat menikmati secangkir cappuccino cantik di rumah. Begini cara membuat latte art dengan alat sederhana.

Latte art merupakan seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar cappuccino atau cafe latte. Dilihat dari sejarahnya, seni menghias di atas kopi sudah ada sejak pertengahan tahun 1980-an. David Schomer dari Amerika Serikat dan Luigi Lupi dari Italia tercatat menjadi penemu latte art.



Tertarik membuat latte art sendiri di rumah? Yuk, ikuti beberapa langkah ini:


1. Siapkan Bahan

Sebelum membuat latte art, siapkan aerolatte milk frother, minipresso, termos stainless steel dan microwave.

Foam susu untuk latte art.Foam susu untuk latte art. Foto: iStock

2. Buat Espresso

Cara membuat espresso di rumah bisa dengan menggunakan beberapa alat. Salah satunya adalah handpresso, minipresso, rok presso atau aeropress. Setiap alat memiliki pengoperasian yang berbeda. Dari bubuk kopi yang diseduh dengan alat tersebut dapat menghasilkan espresso.


3. Panaskan Susu

Susu panas disebut juga steamed and foam. Foam susu ini jadi bahan utama dalam pembuatan cappuccino atau cafe latte. Tuangkan susu ke dalam termos stainless steel dan tutup rapat.

Kocok termos dengan cepat sekitar satu menit hingga susu berbusa. Tuangkan susu dalam cangkir dan panaskan ke dalam microwave sampai 30 detik. Susu akan berubah menjadi foam.


Cara membuat latte art.Cara membuat latte art. Foto: iStock

4. Racik Susu dan Cappuccino

Cara membuat latte art manual bisa dengan menuangkan espresso hangat ke cangkir. Tuangkan foam susu hangat ke dalamnya dan jangan terlalu penuh. Ratakan foam dengan sendok di tengah cangkir kopi.

Bentuk latte art bisa dibantu dengan tusuk gigi, arahkan sesuai selera kamu. Jika ingin lebih manis, kamu bisa menambahkannya dengan cokelat bubuk atau cocoa butter.

Tak perlu ke kafe. Yuk, buat latte di rumah!





Simak Video "Ada Ayam Berbumbu Kopi, Seperti Apa Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)