Biar Tetap Semangat Bikin Omelet Jagung Kentang Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 19 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Jelang akhir tahun selain banyak kesibukan, semangat juga bisa kendor. Makanya racik sarapan bernutrisi, omelet jagung dan kentang ini.

Kentang dan jagung merupakan sumber karbohidrat yang baik. Jika ingin mendapatkan sarapan yang komplet nutrisi, padukan saja keduanya dengan telur. Telur sebagai menu sarapan favorit bisa memberi asupan protein dan sejumlah vitamin dan mineral.

Dari segi nutrisi, 100 gram kentang mengandung 17 g karbohidrat dengan serat 2.2 g. Selain itu mengandung vitamin A, C, D, natrium, kalium dan zat besi. Sementara jagung manis setiap 100 gram mengandung 76 kcal, karbohidrat 17 g dengan serat 2.2 g, juga vitamin A,C, D, Kalium dan kalsium.



Berikut ini cara membuat Omelet Kentang Jagung yang mudah dan gurih enak rasanya.

1. Kentang dan jagung

Untuk membuat omelet ini rebus 1 buah kentang ukuran sedang hingga matang, kupas dan iris tipis. Siapkan juga 1 sdm jagung manis rebus, 1 sdm bawang bombay cincang, 1/4 buah paprika merah atau 1 buah cabai merah potong kasar. Bahan lainnya, 3 butir telur ayam, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam.

Foto: iStock


2. Masak omelet

Panaskan wajan datar 22 cm, taruh 1 sdm mentega dan biarkan hingga leleh. Tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan kentang, paprika dan jagung, aduk hingga rata.Kocok telur bersama garam dan merica hingga berbuih halus. Lalu tuangkan ke dalam wajan dan masak dengan api kecil hingga beku dan permukaannya kering.

Foto: iStock


3. Sajikan

Angkat omelet dari api. Sajikan hangat dengan saus cabai atau mayonnaise. Jika suka taburi dengan keju cheddar agar rasanya lebih gurih dan nutrisinya makin lengkap. Nikmati selagi hangat.

Simak Video "Resep Omelet Keju Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)