Populer di Sapporo, Sup Kari Konon Terinspirasi Soto Ayam Indonesia

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 17 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kota terbesar di Hokkaido, Jepang ini jadi populer karena hidangan sup kari. Sup ini konon terinspirasi racikan soto ayam dari Indonesia.

Sapporo merupakan kota terbesar yang ada di Hokkaido, Jepang. Kota ini menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia dengan pemandangannya yang indah dan resor ski yang sangat cantik. Selain itu, kota ini juga merupakan rumah dari sup kari.

Dilansir dari Nikkei (14/12), sup kari merupakan hidangan yang sangat populer sehingga memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia. Sup yang disajikan dengan kari dan berisikan sayuran serta daging ini berhasil memikat banyak penikmatnya. Di Hokkaido, lebih dari 200 restoran menyajikan sup kari.
Populer di Sapporo, Sup Kari Konon Terinspirasi Soto Ayam IndonesiaFoto: Istimewa

Dengan harganya yang bervariasi, sekitar 1.000 yen - 2.000 yen atau sekitar Rp. 128.115 - Rp. 256.231. Di beberapa restoran yang menjadikan kuah kari sebagai hidangan spesial, pelanggan dapat memilih tingkat kepedasan dan seberapa banyak nasi diinginkan. Anda pun bisa menambahkan topping seperti telur puyuh, okra, dan daging dengan kisaran harga 100-300 yen atau Rp. 12.811 atau Rp. 38.434.

Dulunya sup kari ditemukan di Sapporo sekitar tahun 1970. Awalnya disajikan sebagai hidangan staf di kedai kopi, dan sekarang menjadi hidangan yang disajikan di restoran. Ini adalah asal-usul sup kari yang diterima secara luas.

Baca Juga: Inilah Resep Kari Jepang Tertua dari Masa Meiji

Ada pula yang menyebutkan kalau asal-usul sup kari ini berawal dari restoran Magic Spice yang didirikan pada tahun 1993 di Sapporo. Pemiliknya yang bernama Taizan Shimomura ini menciptakan hidangan sup kari ini karena terinspirasi Soto Ayam khas Indonesia.

Shimomura dari Magic Spice dikenal sebagai bapak sup kari di Sapporo. Pada awal-awal didirikan, restoran ini berada di ruang bawah tanah. Namun sejak tahun 2000, lebih banyak gerai sup kari bergaya kafe telah bermunculan. Restoran bergaya kafe ini akhirnya banyak memikat para pengunjung.
Populer di Sapporo, Sup Kari Konon Terinspirasi Soto Ayam IndonesiaFoto: Istimewa

Biasanya, sup kari ini mengandung sayuran dan daging yang tebal. Sepintas terlihat mudah untuk dimasak, tanpa perlu memotong bahan-bahan menjadi potongan kecil. Tapi tidak seperti kari tradisional buatan rumah di Jepang di mana semua bahan dimasak perlahan-lahan bersama. Sup kari ini dimasak secara terpisah. Beberapa direbus dan yang lainnya digoreng.

Toko kari yang terkenal di Sapporo oleh para turis yang berada di daerah perbelanjaan yang sibuk seperti Odori dan Susukino. Untuk Anda yang ingin menikmati sup kari dengan minuman beralkoho, Spice Bar Tara bisa jadi rekomendasi untuk Anda.

Baca Juga: Hangatkan Badan dengan Curry Rice Jepang yang Gurih Berempah
Populer di Sapporo, Sup Kari Konon Terinspirasi Soto Ayam IndonesiaFoto: Istimewa

Dalam sebuah laporan di tahun 2018 sekitar 3,11 juta orang asing mengunjungi Hokkaido, jumlah tersebut naik sekitar 350% selama dekade terakhir. Dari jumlah tersebut 86% atau sekitar 2,68 juta orang berasal dari Asia.

Turis dari negara-negara Asia mengunjungi Hokkaido untuk mengalami keindahan alam dan saljunya, yang jarang terjadi di Asia Tenggara. Tetapi karena orang Asia menyukai makanan pedas, sup kari juga jadi rekomendasi mereka.

Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)