Biar Sarapan Makin Seru, Bikin Omelet Prancis yang Lembut Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 14 Des 2019 07:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Omelet atau telur dadar merupakan olahan telur yang paling populer di dunia. Ada banyak versi omelet, salah satunya omelet Prancis yang lembut gurih.

Sebenarnya tak ada rahasia khusus untuk membuat omelet Prancis. Hanya saja perlu sedikit kesabaran karena memakai api kecil untuk memasaknya. Ini untuk menjaga agar tekstur omelet Prancis tetap lembut.

Seperti omelet Jepang yang digulung, omelet Prancis juga memakai teknik yang sama. Hanya saja ditambahkan irisan halus daun bawang. Mumpung akhir pekan, kamu bisa bikin omelet Prancis yang enak dimakan hangat ini.



Berikut ini beberapa langkah membuat omelet Prancis yang mudah diikuti.

1. Telur segar

Siapkan 3 butir telur ayam yang segar, jika memakai telur ayam kampung gunakan 4 butir telur ayam. Siapkan juga 1 batang daun bawang yang diiris halus, 1 sdm mentega, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam.

Biar Sarapan Makin Seru, Bikin Omelet Prancis yang Lembut IniFoto: Istimewa


2. Campur telur

Kocok telur dengan garpu dengan arah kocokan ke atas hingga kuning dan putih telur menyatu dan berbuih halus. Tambahkan merica dan garam serta sedikit daun bawang iris. Kocok hingga rata.
Biar Sarapan Makin Seru, Bikin Omelet Prancis yang Lembut IniFoto: iStock

3. Masak telur

Panaskan wajan 22 cm dengan api kecil, masukkan sebagian mentega dan biarkan meleleh. Tuangkan 1 sendok sayur atau 1/3 bagian telur yang sudah dikocok. Biarkan hingga bagian pinggirnya membeku dan permukaannya setengah basah.

Taburi sedikit daun bawang lalu dengan bantuan spatula gulung telur hingga ke sisi wajan. Tuangkan 1/3 telur kocok ke sisi wajan dan biarkan hingga beku. Taburi daun bawang lagi dan gulung kembali. Ulangi dengan sisa telur. Masak hingga seluruh gulungan telur agak kering. Angkat dan taburi daun bawang.


Simak Video "Bikin Laper: Lezatnya Nasi Omelet Telur Topping Wagyu"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com