Bolu Gulung Spesial

Kisah Bolu Gulung yang Jadi Kue Ikonik Natal

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 07 Des 2019 13:00 WIB
Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
FOKUS BERITA Bolu Gulung Spesial
Jakarta - Saat natal biasanya banyak orang yang selalu menyajikan kue bolu gulung. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa harus bolu gulung? Ini cerita dibaliknya.

Penyajian bolu gulung setiap natal, ternyata sudah menjadi budaya. Dalam budaya natal, bolu gulung menjadi salah satu kue yang spesial untuk disajikan. Karena itulah setiap natal, bolu gulung selalu tersedia di rumah-rumah.

"Kue bolu gulung ini sudah jadi budaya setiap natal. Jadi, biasanya kita selalu punya bolu gulung khususnya di Italia. Kalau di Italia kue bolu gulung biasanya disajikan dengan kue tradisional lainnya seperti Penettone dan Pandoro," ujar Chef Lorenzo Sollectio, Executive Pastry Chef di Hotel Four Season Jakarta.
Kisah Bolu Gulung yang Jadi Kue Ikonik NatalFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Lebih lanjut, Chef Lorenzo juga mengatakan bahwa bolu gulung banyak disukai oleh anak-anak. Selain itu, ternyata varian bolu gulung di setiap negara juga berbeda-beda. Itu tergantung dari aneka rasa yang ingin digunakan untuk bolu gulung.

Seperti bolu gulung yang ada di Eropa dibuat lebih creamy. Sementara di Switzerland biasanya menggunakan rasa klasik dan campuran krim. Berbega dengan di Jepang yang populer dengan rasa vanilla dan strawberry.

Menurut Chef Lorenzo, bolu gulung yang ada di Indonesia lebih menarik dibandingkan dengan negara lain. Itu karena banyak cara untuk mengkreasikan dengan rasa lokal yang unik.
Kisah Bolu Gulung yang Jadi Kue Ikonik NatalFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Baca Juga : Tak Perlu Repot, Beli Bolu Gulung Online Bisa di 5 Tempat Ini

Seperti pada kreasinya, ia membuat bolu gulung dengan rasa Pandan Coffee yang dibuat dengan gaya yang lebih modern. Yaitu perpaduan antara gaya Eropa dan gaya Indonesia.

"Jadi yang membedakan itu bukan kualitasnya, tetapi varian rasanya," ujar Chef Lorenzo.

Penyajian bolu gulung untuk perayaan natal ternyata bukan tanpa alasan. Itu berawal dari bolu gulung yang selalu jadi camilan keluarga. Biasanya saat natal, adalah momen di mana keluarga berkumpul bersama. Saat itulah momen bersama untuk makan bolu gulung.
Kisah Bolu Gulung yang Jadi Kue Ikonik NatalFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

"Sebenarnya, bolu gulung bisa dimakan saat kapan saja bersama keluarga. Ketika acara keluarga, lalu makan bolu gulung itu akan membuat siapa saja menjadi bahagia,"

Di Prancis ada kue yang menjadi ikon saat perayaan natal. Kue tersebut dikenal dengan sebutan Buche de Noel. Menurut Chef Lorenzo, Buche de Noel merupakan sama seperti bolu gulung. Dibuat dengan bahan-bahan yang sama, hanya saja namanya yang berbeda.

Buche de Noel memiliki bentuk seperti batang kayu. Bentuk tersebut mengibaratkan sebagai batang kayu yang selalu disimpan di perapian untuk mendapat perlindungan terhadap api atau kebakaran yang terjadi di rumah. Karena itulah kue bolu gulung ini dibentuk menyerupai batang pohon agar mendapat keselamatan sepanjang tahun.

Baca Juga : Buche de Noel, 'Batang Kayu' yang Manis Legit dari Prancis

Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Bolu Gulung Spesial