Sapi di Rusia Pakai Kacamata VR Agar Produksi Susunya Bertambah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 07 Des 2019 08:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kemajuan teknologi dimanfaatkan peternak sapi di Rusia dengan baik. Mereka memakaikan kacamata VR pada sapi demi meningkatkan produksi susu.

Ada beberapa cara membuat produksi susu harian seekor sapi bertambah. Salah satunya peternak memberi perlakuan khusus pada sapi-sapi yang mereka pelihara. Seperti peternakan di Moscow ini yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Dikutip dari Oddity Central (5/12), peternakan sapi di wilayah Ramensky itu memakaikan sapi mereka kacamata Virtual Reality (VR). Kacamata VR kini banyak dipakai pencinta game untuk membuat pengalaman bermain mereka jadi lebih nyata dan menyenangkan.

Sapi di Rusia Pakai Kacamata VR Agar Produksi Susunya BertambahFoto: Istimewa

Khusus untuk sapi, kacamata VR dianggap bisa mengurangi keresahan mereka. Karena penelitian telah menunjukkan ada hubungan antara keadaan emosional sapi dengan produksi susu harian mereka.

Baca Juga: Perusahaan Ini Kembangkan Produk Susu Sapi Bukan dari Sapi!

Dulu banyak peternak menyetel musik klasik untuk sapi agar mereka lebih tenang dan tidak stress, tapi cara tersebut ternyata sudah mulai digantikan teknologi lebih canggih. Peternakan RusMoloko memilih kacamata VR yang dirancang khusus agar menyesuaikan bentuk kepala sapi.

Sapi di Rusia Pakai Kacamata VR Agar Produksi Susunya BertambahFoto: Istimewa

Inovasi tersebut mendapat banyak perhatian dari media nasional Rusia usai foto seekor sapi pakai kacamata VR viral di media sosial. Awalnya banyak orang berpikir hal itu candaan, tapi pejabat Kementerian Pertanian dan Makanan Moscow mengonfirmasi hal itu benar.

Ada pengembang kacamata VR khusus yang bekerja sama dengan para petani dan dokter hewan. Mereka menciptakan perangkat kacamata VR yang tidak hanya sesuai dengan struktur kepala sapi tapi juga membuat mereka nyaman.

Sapi di Rusia Pakai Kacamata VR Agar Produksi Susunya BertambahFoto: Istimewa

Tidak diketahui pasti sudah berapa lama sapi di peternakan RusMoloko mengenakan kacamata VR, tapi Moscow Times menulis mereka sudah mendapat hasil positif. Sapi-sapi diketahui memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dan secara keseluruhan keadaan emosionalnya lebih baik.

Eksperimen selanjutnya ingin melihat bagaimana pengalaman virtual membuat produktivitas susu sapi meningkat. Lalu apa yang ditampilkan kacamata VR untuk sapi? Salah satunya sapi akan melihat padang musim panas saat mereka sebenarnya tengah stress di musim hujan.

Baca Juga: Sapi yang Diberi Pakan Rumput dan Red Clover Hasilkan Susu Tinggi Omega

Simak Video "Varian Iga Sapi hingga Betis Kambing di Iga Kokojo "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)