Sluurp! Kelezatan Soto Ayam Kampung 4 Generasi yang Bikin Nagih

Vattaya Zahra - detikFood Selasa, 03 Des 2019 08:30 WIB
Foto: detikFood/Vattaya Zahra Foto: detikFood/Vattaya Zahra
Yogyakarta - Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi ini dibuat dari ayam kampung yang dipotong sendiri. Memakai bumbu segar membuat soto ini gurih alami dan bikin ketagihan.

Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi telah menjual soto ayam kampung sejak tahun 1960 di Yogyakarta. Jadi sudah nyaris 6 dekade. Beralamat di Jalan Soragan No 13, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Menu Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi ini menyuguhkan menu soto ayam kampung. Istimewanya, ayam yang digunakan di warung soto ini disembelih sendiri untuk menjaga kualitas dan kesegaran telah dijaga selama 4 generasi.
Sluurp! Kelezatan Soto Ayam Kampung 4 Generasi yang Bikin NagihFoto: detikFood/Vattaya Zahra




Puluhan ekor ayam kampung diantar ke warung dan disembelih sendiri oleh karyawan di sana setiap hari. Mulai pukul 04.00 WIB, Bu Hadi, pemilik sekaligus pengelola Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi. sudah memasak soto untuk dijajakan mulai pukul 7 pagi hingga 16 sore setiap hari.

Satu porsi soto, seharga Rp 12.000 untuk soto ayam dan Rp 14.000 untuk soto sapi. Soto ayamnya tak jauh beda dengan soto ayam lainnya. Isiannya suwiran daging ayam kampung, tauge pendek, irisan tomat dan perkedel. Sementara soto sapinya berisi potongan daging, kubis, perkedel dan tomat. Pengunjung juga dapat menikmati lauk pelengkap seperti gorengan, jeroan, perkedel, tempe dan tahu bacem. Tersedia minuman seperti es teh dan es jeruk, juga es dawet dan wedang uwuh mulai harga Rp 3.000.

Pelayanan di warung ini terhitung cepat. Begitu memesan, pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk dapat mencicipi hidangannya. Semuanya diracik saat dipesan dan disajikan dalam mangkuk sedang panas mengepul. Setiap sajian soto dilengkapi sepiring lauk pelengkap yang bisa dipilih sesuai selera.
Sluurp! Kelezatan Soto Ayam Kampung 4 Generasi yang Bikin NagihFoto: detikFood/Vattaya Zahra

Sebanyak 100 porsi soto dimasak setiap hari dan selalu habis oleh pengunjung yang datang. "Selalu habis setiap hari," ujar Andre Nur, penjaga Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi ketika ditemui detikcom, Kamis (28/11/2019) siang di warungnya. "Soto ayam itu yang paling banyak dipesan karena memang favorit," lanjut Andre.

Tersedia sekitar 30 kursi dan meja untuk pengunjung di Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi Di setiap meja, disediakan nampan berisi sambel dan kecap. Pada pagi hari dari pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB, warung ini ramai oleh pengunjung yang sarapan. Pengunjung juga berdatangan ketika menjelang jam makan siang sekitar pukul 12.00 WIB.
Sluurp! Kelezatan Soto Ayam Kampung 4 Generasi yang Bikin NagihFoto: detikFood/Vattaya Zahra

Salah satu pengunjung, Supriyanto (56) asal Kulon Progo, mengatakan baru pertama kali ke Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi. Menurutnya, soto di sini dagingnya banyak, tetapi tidak mahal. "Dagingnya segar dan banyak, tapi tidak mahal," kata Supriyanto. "Datang ke sini karena direkomendasikan sama teman, ternyata memang enak," ujarnya.

Warung ini ternyata pernah dikunjungi oleh beberapa artis, seperti Rano Karno, Andy F. Noya dan Ari Lasso. "Wah, itu pasti datang, Mbak. Tapi itu (karyawan warung) malu kalau mau ngajak foto bareng," ujar Andre tertawa sambil menunjuk foto-foto artis yang digantung di dinding warung.

Nama Soto Sawah dipakai karena dulu pada masa ayah Bu Hadi membuka warung di kelilingnya masih berupa persawahan. Kini sudah menjadi pemukiman penduduk. Yang perlu diingat, Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi tak membuka cabang. Jadi yang autentik dan asli hanya ada di sini.


Simak Video "Uji Keautentikan Gudeg, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)