Soto Jawa Lezat

Bukan Asal Pelengkap, Ini Manfaat Jeruk Nipis Pada Soto

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Nov 2019 19:00 WIB
Foto: instagram Foto: instagram
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat
Jakarta - Saat menyantap soto, seringkali jeruk nipis disandingkan sebagai pelengkap. Ternyata perasan jeruk nipis bukan hanya pelengkap saja tapi ada manfaatnya.

Asam kecut air jeruk nipis pada sajian soto terbukti membuat rasa soto lebih segar dan lezat. Rasa asam jeruk nipis juga menghasilkan paduan rasa soto yang gurih, asin dan asam. Apalagi ditambah dengan sambal yang pedas dan sedikit kecap manis.

Kelezatan soto dengan perasan jeruk nipis ternyata bukan hanya dirasakan oleh lidah saja. Jeruk nipis pada soto juga membantu memperbaiki enzim yang rusak akibat proses pemasakan serta membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat jeruk nipis yang kerap ditambahkan pada sajian soto.

1. Menyegarkan Rasa Soto
Bukan Asal Pelengkap, Ini Manfaat Jeruk Nipis Pada Sotofoto : instagram @foodies_travelers
Semangkuk soto biasanya memiliki rasa gurih dominan. Dengan tambahan sedikit air jeruk nipis maka soto akan terasa lebih segar karena terpapar rasa asam khas jeruk nipis.

Rasa asam ini terbilang memberikan pengaruh besar. Meskipun hanya ditambahkan sedikit air jeruk nipis, sensasi rasa soto langsung berubah signifikan. Aroma jeruk nipis juga memberikan sensasi segar pada sajian soto.

Baca juga : Apa Rutin Minum Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan?

2. Menyamarkan aroma amis
Jeruk nipis memiliki aroma citrus asam yang khas. Aroma yang kuat ini membantu menyamarkan aroma amis pada ayam atau daging isian soto. Meski sudah dimasak dengan banyak bumbu serta rempah, tapi aroma amis kadang kerap tercium sekilas saat soto disajikan.

Dengan tambahan perasan jeruk nipis, aroma amis ini akan tersamarkan dan terganti dengan aroma segar. Jika aroma soto sudah harum nikmat maka selera makan pun akan meningkat.

3. Mengurangi rasa asin
Bukan Asal Pelengkap, Ini Manfaat Jeruk Nipis Pada SotoFoto : instagram @kulinernusantara.ind0
Kuah soto biasanya dimasak dalam jumlah banyak sekaligus. Penjual soto akan memanaskan terus kuah soto agar bisa disajikan hangat setiap saat. Proses ini membuat kuah menguap dan semakin lama semakin terasa asin.

Salah satu cara untuk mengurangi rasa asin ini yakni dengan menambahkan air perasan jeruk nipis. Rasa asin akan ternetralisir dengan adanya tambahan rasa asam.

4. Menetralisir rasa lemak pada soto
Khusus untuk soto daging, biasannya terdapat isian tetelan atau lemak. Untuk membuat rasa lemak ini tak terlalu menyengat, bisa memanfaatkan jeruk nipis.

Efek sensasi rasa dan aroma lemak bisa dinetralisir dengan adanya tambahan jeruk nipis. Sedikit saja air jeruk nipis ditambahkan maka sensasi segar langsung menutupi aroma lemak yang kurang sedap.

5. Menurunkan kolesterol
Bukan Asal Pelengkap, Ini Manfaat Jeruk Nipis Pada Soto
foto : instagram @byviszaj

Soto yang dibuat dengan bahan dasar daging sudah pasti mengandung lemak yang tinggi. Apalagi ditambah proses masaknya yang ditambah santan. Eits, asalkan dimakan sesuai porsi, soto tetap aman untuk kesehatan kok.

Selain itu, tambahan jeruk nipis pada soto juga dipercaya bisa menetralisir kolesterol. Menurut dr. Zaidul Akbar, air jeruk nipis membantu memperbaiki enzim yang rusak saat proses pemasakan soto. Supaya efeknya makin terasa maka cobalah minum segelas air jeruk nipis setelah menyantap soto.

Baca juga : Jeruk Nipis Mampu Redam Gangguan Asam Urat

Simak Video "Gurih Kental Kuah Soto Kudus Ayam Kampung Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat