Hii... Roti Ini Terbuat dari 336 Jangkrik, Berani Cicip?

Devi Setya - detikFood Jumat, 29 Nov 2019 15:30 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Sudah banyak makanan yang terbuat dari serangga, tapi roti berbahan dasar serangga diklaim baru pertama dibuat di Inggris. Roti ini mengandung ratusan jangkrik. Berani coba?

Dikabarkan Metro (29/11) roti serangga ini merupakan produk roti buatan The Exploratory. Untuk membuat roti ini, baker menggunakan tepung jangkrik yang dipasok oleh Eat Grub, sebuah produsen pemasok makanan berbahan dasar serangga.

Tepung jangkrik ini dibuat menggunakan 100 persen jangkrik yang ditangkap dari pesawahan. Tak perlu khawatir soal kualitas dan keamanan tepung jangkrik ini karena semua bahan bakunya sudah mendapat sertifikasi keamanan pangan.
Hii... Roti Ini Terbuat dari 336 Jangkrik, Berani Cicip?Foto: istimewa

Baca juga : Nasi Jangkrik, Racikan Nasi Kesukaan Sunan Kudus yang Nikmat Gurihnya

Untuk membuat roti dari tepung jangkrik ini dibutuhkan setidaknya 336 ekor jangkrik yang dikeringkan lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk tepung. Setelah menjadi bubuk barulah dicampur dengan adonan roti lainnya seperti tepung terigu dan juga biji-bijian.

Roti dari jangkrik ini punya rasa yang berbeda dengan roti biasa. Tekstrnya lebih renyah dan kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan roti biasa. Roti ini bisa jadi pilihan tepat makanan tinggi protein.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jangkrik juga mengandung antioksidan yang tinggi. Jika dibandingkan dengan segelas jus jeruk maka antioksidan jangkrik lima kali lipat diatasnya. Jangkrik juga dianggap baik untuk kesehatan usus karena tinggi serat.

Serat pada jangkrik bersumber dari exoskeleton atau bagian tulang jangkrik yang ikut terolah ketika dibuat tepung atau makanan. "Selain termasuk jenis makanan yang unik, jangkrik juga termasuk serangga yang lezat dan tak boleh diabaikan," kata Alison Ordonez, Kepala di toko roti ini.
Hii... Roti Ini Terbuat dari 336 Jangkrik, Berani Cicip?Foto: istimewa

Baca juga : Mau Cicip Burger Jangkrik yang Renyah Lezat Ini?

Adanya roti yang mengandung jangkrik ini sekaligus menjadi roti pertama di Inggris yang dibuat dengan tambahan jangkrik. Di sebagian besar negara, serangga sudah menjadi makanan yang umum dikonsumsi. PBB bahkan memperkirakan tahun lalu ada 2 milyar orang mengonsumsi serangga.

Kini tercatat ada lebih dari 1.900 spesies serangga yang biasa dicampurkan dalam bahan makanan. Orang-orang mulai menyantap serangga sebagai salah satu makanan keberlanjutan untuk melindungi lingkungan.



Simak Video "Ketika Roti Basi Disulap Jadi Hiasan Super Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)