Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver Ojol

Riska Fitria - detikFood Kamis, 28 Nov 2019 16:00 WIB
Foto: Twitter @radenrauf Foto: Twitter @radenrauf
Jakarta - Sekarang ini marak youtuber yang membuat konten prank membatalkan pesanan yang telah dibeli driver ojol. Karena muak, driver ojol beri tanggapan ini.

Salah satu yang menjadi masalah besar bagi driver ojol adalah ketika pesanan makanan dibatalkan begitu saja oleh kustomer, padahal makanan tersebut telah terlanjur dibeli. Banyak cerita driver ojol yang mengalami pengalaman tidak menyenangkan tersebut.

Namun, fenomena pembatalan pesanan makanan driver ojol itu justru dibuat menjadi sebuah konten video bagi para youtuber di Indonesia. Contohnya seperti youtuber yang dikenal dengan nama hasanjr11.
Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver OjolFoto: Istimewa

Dalam salah satu videonya, ia melakukan prank dengan membatalkan pesanan pizza yang telah dibeli driver ojol seharga Rp. 1.000.000. Bahkan parahnya prank yang dilakukan oleh youtuber itu membuat driver ojol sampai menangis.

Tak hanya youtuber, artis terkenal Nikita Mirzani juga pernah melakukan prank kepada driver ojol untuk konten youtubenya. Dalam video itu, ia berniat membeli pizza melalui layanan ojol, tetapi setelah driver ojol tersebut sampai, driver itu justru dimarah-marahi.

Namun, diakhir video Nikita memberikan uang jutaan rupiah kepada driver. Video Nikita Mirzani ini juga menuai banyak kritikan dari netizen.
Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver OjolFoto: Istimewa

"Jangan hanya karena kamu banyak uang, bukan berati kamu bisa mempermainkan orang seenaknya. Stop jadi sombong, egois dan bodoh," tulis salah satu netizen.

Meskipun itu hanya sebuah prank, tetapi banyak dari netizen yang memberikan kritik atas maraknya fenomena prank driver ojol. Bahkan beberapa influencer dan youtuber lainnya juga telah menyatakan ketidaksukaannya terhadap konten video prank driver ojol.

Baca Juga : Ojol Ini Jadi Korban Prank YouTuber Gara-gara Pesanan Pizza Rp 500 Ribu

Salah satunya adalah influencer sekaligus bernama Raden Rauf. Melalui sebuah video, ia menanyakan tanggapan secara langsung kepada salah satu driver ojol atas fenomena prank ini.
Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver OjolFoto: Twitter @radenrauf

"Tidak manusiawi aja si pak kalau hal-hal seperti itu, saya bilang," ujar driver ojol.

Apalagi ada kisah menyedihkan dibalik driver ojol setiap kali membeli makanan yang dipesan oleh kustomer. Menurut driver ojol, tidak selalu uang yang digunakan untuk membeli makanan itu adalah uang driver ojol itu sendiri.

"Belum tentu uang pribadi juga pak. Itu uang patungan dari temen-temen juga. Kadang kan ada driver ojol yang gak punya uang sebanyak jumlah pesanan, jadi patungan buat belanjain makanan," tutur driver ojol.

Mendengar tanggapan dari driver ojol ini, Raden Raun mengajak para netizen untuk menyerukan tagar #SayNoToPrank sebagai bentuk tolakan atas video prank driver ojol. Hingga kini tagar tersebut menjadi trending di twitter Indonesia.
Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver OjolFoto: Istimewa

"Demi konten, mereka sampe tega lho bikin driver ojol nangis. Herannya konten ngeprank norak kayak gini bisa ditonton jutaan kali. Berarti menjual penderitaan orang masih jadi tontonan menarik di sini. Jangan ditiru dan jangan ditonton ya gaesss!
#SAYNOTOPRANK," cuit netizen @reputationabdus.

Selain Raden Rauf, bentuk kecaman juga disampaikan oleh youtuber terkenal Reza Oktovian. Melalui video yang diunggah di channel youtubenya, ia mengatakan bahwa video prank driver ojol itu tidak pantas untuk dilakukan karena merugikan pihak driver demi keuntungan pribadi.
Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver OjolFoto: Istimewa

"Uang atau barang yang kalian terima itu gak ada apa-apanya dibandingkan dengan adsense selama-lamanya di channel youtube mereka," ujar Reza Oktovian.

Tak main-main Reza juga menghimbau agar seluruh driver ojol yang menjadi korban prank, langsung melaporkan ke pihak yang berwajib.
Kerap Kena Prank Pembatalan Pesanan, Ini Tanggapan Menohok Driver OjolFoto: Istimewa

Bahkan kini muncul petisi untuk melakukan pemblokiran pada channel youtube milik youtuber yang kerap melakukan prank pada driver ojol. Petisi tersebut telah mendapat tanda tangan sebanyak 2 ribu lebih dan dipastikan jumlahnya akan terus bertambah.

Baca Juga : Sedih! Sudah Antar Makanan Jauh, Driver Ojol Dicancel Pembeli

Simak Video "Nikmatnya Santap Seafood Gaya Louisiana di Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)