Di Usia 94 Tahun, Nenek Ini Masih Semangat Jualan Pancake Malam Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 25 Nov 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Nenek ini tetap semangat berjualan pancake walau usianya tak lagi muda. Di usianya 94 tahun, ia bahkan jualan di malam hari!

Dilansir dari China Daily (19/11), seorang nenek berusia 94 tahun bernama Zhang ini berasal dari Zhengzhou, Henan, China. Ia sudah tinggal di Zhengzhou selama lebih dari 30 tahun.

Di usianya yang tak lagi muda, nenek ini masih bersemangat menjual pancake sayuran (scallion pancake) di pinggir jalan. Ia mulai menyiapkan bahan pancake tengah malam lalu berjualan hingga pukul 5 pagi.
Di Usia 94 Tahun, Nenek Ini Masih Semangat Jualan Pancake Malam HariFoto: Istimewa

Nenek Zhang membuat semua pancake sayuran sendirian, dari mulai menguleni tepung hingga memasak pancake tersebut. Pancake sayur buatan nenek Zhang ini biasanya dibeli oleh para pejalan kaki yang kebanyakan adalah pekerja yang butuh sarapan.

Baca Juga: Kisah Nenek 97 Tahun yang Berjualan Buah Meski Sudah Pikun

Ketika matahari terbit, ia akan pulang untuk berbelanja bahan-bahan sayuran tersebut. Ia masih tetap bersemangat menjual pancake sayurnya tersebut karena ini adalah rutinitas yang ia senangi.

Padahal untuk usianya, nenek Zhang seharusnya sudah menikmati masa tuanya di rumah dengan keluarga yang menemani dan melayaninya. Ia pun tak memikirkan untung yang didapatkan selama menjual pancake sayuran tersebut, yang ia inginkan bagaimana pancake sayur tersebut disajikan dengan baik untuk para pelanggannya.
Di Usia 94 Tahun, Nenek Ini Masih Semangat Jualan Pancake Malam HariFoto: Istimewa

Banyak netizen yang merespon atas kegigihan nenek Zhang yang masih bersemangat berjualan tersebut. Bahkan banyak netizen tersebut yang mengkritik anak dari nenek Zhang karena dianggap menelantarkan Ibunya, namun hal tersebut dibantah oleh nenek Zhang.

Nenek Zhang hanya ingin melakukannya sebagai rutinitas harian yang ia senangi. Karena sejak muda ia sudah terbiasa menghidupi diri sendiri dan keluarganya dengan seluruh usaha kerasnya. Nenek Zhang mengatakan, "Aku telah mencari nafkah sendiri sepanjang hidupku, Aku tidak bisa berhenti sekarang."

Baca Juga: Mengharukan! 5 Kakek Nenek Ini Berjualan Makanan Demi Menyambung Hidup

Simak Video "Crispy Sirsak Saus Haliwungan yang Bikin Ketagihan!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)