Minuman Hangat Enak

Teh Gelas Kecil Wedangan Gareng yang Bikin Kangen Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikFood Senin, 25 Nov 2019 15:00 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/ dok.detikFood
Jawa Tengah - Masih banyak wedangan tradisional di Solo yang bertahan. Tengok saja Wedangan Gareng dengan makanan ala kampung dan racikan teh yang khas.

Pemiliknya, Suprih alias Gareng, sudah sejak 2005 berkecimpung dalam usaha wedangan. Saat itu dia masih menjadi karyawan di Wedangan Kemin di sskitar Monumen Pers Solo.

"Tahun 2008 saya mulai digenjot suruh belajar meracik minuman. Baru tahun 2013 saya buka sendiri di Jalan Madukoro, tahun 2015 pindah ke sini," kata Gareng di warungnya di Jalan Belimbing no 14 Kerten, Laweyan, Solo.
Teh Gelas Kecil Wedangan Gareng yang Bikin Kangen SoloFoto: Bayu Ardi Isnanto/ dok.detikFood

Menurutnya, ada dua orang jebolan dari Wedangan Kemin yang melanjutkan mendirikan wedangan, yakni Gareng dan Basuki. Ketiganya masih menggunakan resep yang sama dari pendiri pertamanya.

Baca Juga : Bekas Papan Iklan 'Disulap' Jadi Wedangan Lawang Djoendjing

Salah satunya ialah masih menggunakan gelas kecil untuk minuman hangat. Gelas kecil dinilai bisa lebih mengeluarkan cita rasa ketimbang gelas besar.

"Kalau kata orang-orang itu kesannya beda, rasanya lebih segar. Kalau gelas besar itu lama habisnya, terasa berbeda. Sejak di Kemin dulu ya pakai gelas kecil seperti ini," ujarnya.
Teh Gelas Kecil Wedangan Gareng yang Bikin Kangen SoloFoto: Bayu Ardi Isnanto/ dok.detikFood

Dari tahun ke tahun, pengusaha wedangan semakin bermunculan dengan konsep berbeda-beda. Namun Gareng mengaku tidak terlalu memikirkannya.

Sedangkan mengenai lokasi wedangan, Gareng kini masih menyewa tempat di halaman rumah orang. Dia menata meja kursi panjang dan memasang tenda sebagai atapnya.

"Sekarang saingan lebih banyak. Tapi saya tidak terlalu memikirkan itu, rezeki sudah ada yang ngatur," kata pria berusia 35 tahun itu.
Teh Gelas Kecil Wedangan Gareng yang Bikin Kangen SoloFoto: Bayu Ardi Isnanto/ dok.detikFood

Selain teh yang menjadi andalannya, Gareng juga memiliki makanan andalan, seperti kikil dan jadah apolo. Juga tersedia nasi tumpang, nasi kucing dan beragam lauk gorengan dan aneka sate.

"Harga teh Rp 4 ribu, nasi bungkus mulai Rp 4 ribu, gorengan mulai Rp 1 ribu," kata dia.

Baca Juga : Di Solo Wajib Mampir Wedangan di Angkringan Populer Ini

Simak Video "Bikin Laper: Makan Mun Haisom hingga Scallop Cah Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)