Minuman Hangat Enak

Di Solo Wajib Mampir Wedangan di Angkringan Populer Ini

Devi Setya - detikFood Sabtu, 23 Nov 2019 14:00 WIB
Foto: instagram
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak
Jakarta - Malam hari di Solo jangan lupa mampir ke angkringan. Selain sego kucing ada aneka wedang yang hangat manis dan harum untuk hangatkan tubuh.

Solo dan Yogyakarta sama-sama juara soal angkringan. Dua kota ini punya banyak angkringan legendaris yang siap memanjakan lidah dan menghangatkan tubuh. Kalau sedang ada di Solo, jangan lewatkan santai malam sambil menyeruput aneka wedang hangat yang enak.


Berikut beberapa rekomendasi tempat menikmati wedang hangat di kota Solo. Cicip juga wedang asle, sekoteng hingga wedang tape yang legendaris.

1. Wedang Dongo Pak Untung
Di Solo Wajib Mampir Wedangan di Angkringan Populer IniFoto: instagram

Warung wedangan ini kabarnya sudah ada sejak 1955. Kedai ini disebut-sebut sebagai yang paling tua di Solo. Meskipun kini warungnya tetap sederhana tapi sajian wedangnya tetap autentik dan mengundang selera.

Air rebusan jahe hangat di sini bisa disajikan dengan berbagai varian. Ada wedang asle, sekoteng dan wedang dongo. Wedang dongo khas Solo adalah sebutan untuk wedang ronde yang hangat dan nikmat diseruput hangat di malam hari.

Wedang Dongo Pak Untung
Jl. RE Martadinata No. 118
Sudiroprajan, Jebres
Surakarta

Baca juga : Dari Jawa Ada Wedang Uwuh hingga Wedang Secang yang Semerbak

2. Wedangan Pak Dhie
Tak kalah legend dengan wedang dongo Pak Untung, di sini juga kabarnya ada wedang enak yang sudah disajikan sejak puluhan tahun lalu. Segelas wedang jahe hangat bisa dinikmati secara original atau dengan bahan tambahan lain.

Selain menu wedang jahe hangat, Pak Dhie juga menyediakan menu ala angkringan. Yang paling terkenal dan disukai yakni nasi bandeng yang makin komplit disantap dengan aneka gorengan atau sate.

Wedangan Pak Dhie
Jl. Sultan Syahrir, Setabelan
Banjarsari, Surakarta

3. Wedang Pak Amir
Di Solo Wajib Mampir Wedangan di Angkringan Populer IniFoto: instagram

Menu wedang yang paling jadi buruan di sini adalah wedang teh. Paduan teh tradisional yang harum dengan rasa jahe pedas segar membuat minuman ini bisa diandalkan jadi obat herbal.

Segelas wedang teh hangat mampu mengusir masuk angin, sakit perut hingga mual. Sambil minum wedang teh bisa ngemil jadah apolo atau pisang owol yang dijamin cuma ada di Solo. Jangan khawatir juga soal harga karena semua menu makanan dan minuman harganya murah meriah.

Wedang Pak Amir
Jl. Piere Tendean
Nusukan, Solo

4. Wedangan Tiga Tjeret
Di Solo Wajib Mampir Wedangan di Angkringan Populer IniFoto: instagram

Kedai wedangan yang ini hadir dengan konsep lebih modern. Wedang jahe hangat bisa dinikmati di kafe kekinian dengan bangunan besar dan nyaman. Kaum millenial dijamin betah nongkrong sambil menyeruput wedangan di sini.

Lokasi yang strategis yakni dekat dengan Kraton Mangkunegara Solo, membuat kafe wedangan ini selalu ramai disambangi pengunjung. Selain wedang, aneka makanan khas Solo juga hadir di kafe ini.

Wedangan Tiga Tjeret
Jl. Ronggowarsito No 97, Keprabon
Banjarsari, Surakarta

Baca juga : Jokowi hingga Ahok, Para Politisi yang Doyan Banget Minum Wedang

5. Angkringan Omah Lawas
Di Solo Wajib Mampir Wedangan di Angkringan Populer IniFoto: instagram

Angkringan yang satu ini dikenal punya menu super komplit, enak dan murah meriah. Siapapun yang sudah menjajal aneka makanan dan wedangan di sini dijamin akan ketagihan.

Untuk makanannya, pengunjung bisa mengambil sendiri lauk sesuai selera. Sementara untuk menu minumannya coba pilih wedang jahe, wedang susu, wedang uwuh atau wedang asle yang siap menghangatkan badan.

Angkringan Omah Lawas
Jl. Dr. Supomo No 55
Solo

Simak Video "Kreasi Wedang Roti yang Hangat dan Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak