Demi Bantu Orang Tua, Siswa SMP Ini Jualan Cuanki Sampai Malam

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 22 Nov 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang siswa SMP di Sumedang berjualan cuanki demi membantu orang tuanya. Kisahnya jadi sorotan dan viral di media sosial.

Kisah mengharukan ini datang dari Sumedang. Seorang siswa SMP dari salah satu sekolah di sana mengundang perhatian netizen karena kebaikan hatinya. Ia berjualan cuanki demi membantu kedua orang tuanya.

Siswa SMP ini bernama Fajar yang usianya 14 tahun. Ia berjualan cuanki di sekitaran Gunung Kunci, Sumedang, Jawa Barat. Ia berjualan karena hidup dalam himpitan ekonomi.

Kehidupan Fajar sangat sederhana bahkan bisa dikatakan serba kekurangan. Selain membantu orang tuanya, Fajar berjualan cuanki demi membiayai pendidikannya. Karena orang tuanya tak mampu membayar dana sekolah.

Ayah Fajar hanya bekerja serabutan sedangkan ibunya adalah Ibu Rumah Tangga. Jangankan untuk membiayai sekolah Fajar, untuk kehidupan sehari-hari saja mereka serba kekurangan.

Baca Juga: Viral! Pramugara Suapi Makanan Nenek Ini 5 Kisah Serupa yang Bikin Haru

Demi Bantu Orang Tua, Siswa SMP Ini Jualan Cuanki Sampai MalamFoto: Istimewa


Fajar kini tinggal bersama pamannya di Sumedang sementara kedua orang tuanya berada di Garut. Fajar yang merupakan anak sulung dari 2 bersaudara ini merupakan pribadi yang mandiri dan pekerja keras. Ia tak pernah mengeluh saat anak lain seusia dirinya hanyalah bermain dan bermanja dengan keluarga di rumah.

Fajar menceritakan kalau ia mulai berjualan setelah pulang sekolah hingga larut malam. Jika dagangannya laris pembeli ia bisa pulang ke rumah lebih cepat yaitu pukul 8 malam, sedangkan jika dagangannya sepi pembeli ia baru bisa pulang ke rumah pada pukul 10 malam.

Kisah mengharukan Fajar yang berjualan cuanki untuk membantu perekonomoian orang tuanya ini mendapat tanggapan dari banyak netizen di media sosial Instagram. Kisah ini dibagikan oleh akun @gerbangsedekah dan sudah mendapat 6.929 likes serta mendapatkan sebanyak 218 komentar saat berita ini ditulis.

Banyak komentar positif yang diberikan netizen. Banyak dari mereka mendoakan Fajar serta beberapa komentar yang mengaku pernah bertemu Fajar di sekitaran Gunung Kunci.

Kisah mengharukan seperti Fajar ini bukan kali pertama, sebelumnya adapula anak yang berjualan kue sambil menggendong adiknya.

Baca Juga: Berjualan Kue Sambil Gendong Adiknya Anak Ini Bikin Haru Netizen

Simak Video "Mencoba Lembutnya Kopi Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)