Duh, Babi di Vietnam Melalui Mesin Kejut Listrik Sebelum Disembelih!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 18 Nov 2019 14:30 WIB
Foto: Youtube The Shiny Peanut
Jakarta - Proses penyembelihan babi di Vietnam yang memakai mesin kejut listrik terlihat sadis. Video di YouTube inipun membuat geger netizen.

Video proses penyembelihan babi di salah satu pabrik pemotongan di Vietnam ini viral dan menjadi posisi trending 1 YouTube. Video yang diunggah oleh The Shiny Peanut ini bahkan sudah ditonton lebih dari 6,1 juta kali. Tak hanya itu, video ini membuat geger netizen dengan banyaknya komentar negatif.

Dalam video diperlihatkan beberapa ekor babi yang akan disembelih, dimasukkan ke dalam mesin modern yang memiliki alat kejut listrik. Babi tersebut akan digiring masuk satu per satu ke dalam mesin.

Duh, Babi di Vietnam Melalui Mesin Kejut Listrik Sebelum Disembelih!Foto: Youtube The Shiny Peanut

Alat kejut listrik yang digunakan pada babi tersebut bertujuan melumpuhkan otak karena setelah disetrum babi akan pingsan. Metode ini diyakini tidak akan menimbukan rasa sakit pada babi yang akan disembelih.

Baca Juga: World Halal Council Tak Setuju Pemakaian Gas untuk Membius Hewan Sembelih

Walaupun terlihat sadis, namun ternyata proses penyembelihan tersebut adalah standarisasi yang dilakukan di beberapa negara maju. Dengan maksud untuk menghasilkan produk daging babi yang berkualitas dan higenis. Proses ini pun dilakukan untuk membantu mengurangi cedera, rasa sakit, dan stres bagi hewan.

Sebelum disembelih, babi tersebut juga diberi makanan dan minuman yang layak, beristirahat, dan dipisahkan dari kawanannya. Penyembelihan babi secara modern ini baru dilakukan pada beberapa pabrik pemotongan daging di Vietnam. Jumlahnya belum banyak.

Duh, Babi di Vietnam Melalui Mesin Kejut Listrik Sebelum Disembelih!Foto: Youtube The Shiny Peanut

Video proses penyembelihan babi ini mengundang komentar netizen. Beberapa netizen merasa kasihan pada babi yang disetrum terlebih dahulu sebelum disembelih. Ada satu komentar dari akun Roda Depan yang mengutuk keras cara penyembelihan tersebut, ia mengatakan, "Saya tidak makan babi. Tapi saya mengutuk keras cara ini. Kejam sekali."

Duh, Babi di Vietnam Melalui Mesin Kejut Listrik Sebelum Disembelih!Foto: Youtube The Shiny Peanut

Baca Juga: Kocak! 10 Foto Editan Menyembelih Hewan Kurban Ini Karya Netizen

Simak Video "Teci Sukabumi, Rasanya Melekat di Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)