Jajanan Korea Populer

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Sumpit China, Jepang dan Korea

Riska Fitria - detikFood Senin, 18 Nov 2019 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - China, Jepang dan Korea merupakan negara yang dikenal memiliki budaya makan dengan sumpit. Namun, setiap negara memiliki sumpit dengan ciri khas masing-masing.

Dilansir dari Pogogi (3/10) penggunaan sumpit sebagai alat makan telah diperkenalkan sejak ribuan tahun lalu. Awalnya sumpit berasal dari China dan baru menyebak ke Jepang dan Korea pada 500 Masehi.

Meskipun begitu, setiap negara memiliki sumpit dengan ciri khas tersendiri sebagai pembeda. Berikut perbedaan sumpit pada 3 negara tersebut.

1. Sumpit China
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Sumpit China, Jepang dan KoreaFoto: Istimewa

Menurut sejarah, orang China merupakan orang pertama yang menemukan sumpit, tepatnya pada lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Sumpit khas China dikenal dari bahannya yang terbuat dari kayu tanpa ukiran dan memiliki bentuk persegi panjang, cenderung lebar dengan ujung yang tumpul.

Selain kayu, orang China juga menggunakan bahan lain seperti tulang untuk membuat sumpit. Ukuran sumpit China lebih panjang dan juga lebih tebal dibandingkan dengan model sumpit Jepang maupun sumpit Korea.

Rupanya dibentuk dengan ukuran yang panjang karena, dulu saat orang China makan bersama memiliki meja makan yang lebar. Sumpit yang panjang dibuat agar bisa digunakan untuk meraih makanan dalam jarang yang terbilang jauh.

Baca Juga : Ini Sebabnya Ribuan Box Sumpit Penuhi Jalan Tol di Tokyo

2. Sumpit Jepang
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Sumpit China, Jepang dan KoreaFoto: Istimewa

Orang di Jepang memiliki sumpit dengan model yang berbeda-beda. Model tersebut dibentuk dan disesuaikan dengan kegunaan masing-masing. Misalnya sumpit untuk memasak, untuk makan makanan tertentu, mengambil permen dan lainnya. Orang Jepang menggunakan sejumlah bahan dalam pembuatan sumpit mereka.

Bahan yang biasa digunakan adalah kayu dan plastik. Ada yang tak kalah unik, sumpit Jepang juga ada yang terbuat dari tulang, logam dan gading. Sumpit Jepang dapat dikenali dengan ujungnya yang bentuknya membulat.

Selain itu ukurannya lebih pendek dari sumpit China dan lebih panjang dari sumpit Korea. Sumpit Jepang dibuat lebih berwarna dan dibuat lebih runcing pada ujungnya untuk memisahkan ikan dari durinya.

3. Sumpit Korea
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Sumpit China, Jepang dan KoreaFoto: Istimewa

Sumpit Korea biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Berbeda dengan sumpit China dan sumpit Jepang yang terbuat dari bahan alami. Bahan stainless steel memiliki lapisan yang licin, oleh karena itu orang Korea membuat lapisan sumpit pada ujung dibuat sedikit kasar.

Itu dilakukan agar makanan yang diambil menggunakan sumpit tidak mudah terjatuh. Sumpit Korea dibuat dari bahan stainless steel, karena mereka menghindari penggunaan bahan perak yang bisa beraksi menjadi bahan kimia berbahaya jika tercampur ke dalam makanan.

Awalnya sumpit stainless steel hanya digunakan oleh kaum bangsawan saja, tetapi lama kelamaan sumpit tersebut bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Baca Juga : Wow! Sumpit Termahal Seharga Rp 1,9 M Terbuat dari Emas

Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)