Demi Bertahan Hidup, Orang-orang Ini Rela Ambil Madu di Tebing Curam

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 14 Nov 2019 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sulitnya mencari pekerjaan, membuat banyak warga desa di salah satu kampung di China, harus bertahan hidup dengan cara ekstrem. Memanen madu, dari tebing curam yang berbahaya.

Bagi orang-orang yang tidak bisa berada di atas ketinggian, untuk waktu yang lama, sambil dikelilingi dengan lebah, pekerjaan ini termasuk esktrem. Di wilayah Yunnan, China, para warga di sana bertahan hidup dengan menjual madu, yang mereka ambil dari sarang lebah di atas tebing tinggi.

Baca Juga: Wanita Ini Rela Lompati Tebing Curam Demi Antarkan Makanan Tiap Hari
Demi Bertahan Hidup, Orang-orang Ini Rela Ambil Madu di Tebing CuramFoto: Istimewa

Dilansir dari SCMP (12/11), salah satu petani madu tebing ini ada Zheng Zaihao, ia sudah mengambil madu di atas tebing selama 7 tahun. Pria berusia 25 tahun ini setiap harinya, harus menjelajah hutan selama 2 jam untuk mencari sarang lebah yang ada di pinggiran tebing.

Dengan peralatan seadanya, seperti kayu kecil yang dibuat sebagai sanggahan serta tali tambang yang tak terlalu kuat, mereka mempertaruhkan nyawa setiap harinya untuk mencari sesuap nasi dari tetesan madu yang mereka ambil.

"Setelah kita mengambil madu dari tebing curam dengan ketinggian 500 meter, kami secara perlahan turun ke bawah tebing dengan tali," tutur Zheng.
Demi Bertahan Hidup, Orang-orang Ini Rela Ambil Madu di Tebing CuramFoto: Istimewa

Untuk melindungi dari sengatan lebah, mereka menggunakan topi sederhana. Tak jarang, para lebah ini akan mengerubungi pakaian, tas, sepatu, hingga tangan mereka. Tapi ada beberapa orang yang bahkan sudah tidak menggunakan pelindung wajah dan kepala sama sekali.

"Saya malah sudah kebal dengan sengatan lebah. Saya biasanya mendapatkan lebih dari 50-70 sengatan lebah setiap harinya. Sekarang rasanya mirip seperti sengatan semut saja, karena saya sudah terbiasa dengan sengatan mereka," jelas Zheng.
Demi Bertahan Hidup, Orang-orang Ini Rela Ambil Madu di Tebing CuramFoto: Istimewa

Menurut Zheng, mengambil madu dari tebing ini bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan kerja sama tim, seperti satu orang mengambil sarang lebah, dan yang satunya lagi membakar kayu untuk menyebarkan asap sehingga para lebah keluar dari sana.

Meski madu merupakan makanan yang laris di pasaran, tapi karena mereka hidup di dalam wilayah pedalaman, dulu mereka kesulitan menjual hasil madu alami ini. Untungnya sekarang ada fasilitas live streaming yang digandrungi di China, sehingga mereka bisa menjual madu secara online.

Baca Juga: Berani Makan di Restoran yang Menggantung di Tebing ini?



Simak Video "Sensasi Rasa Durian Madu Racun Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)