Jajanan Korea Populer

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis Legit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 17:32 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bungeoppang adalah kue serupa waffle dengan bentuk ikan yang populer di Korea. Bungeoppang terasa manis legit karena diisi pasta kacang merah.

Bungeoppang sekilas tak ada beda dengan taiyaki, 'kue ikan' yang populer dari Jepang. Sebuah sumber menyebut Bungeoppang memang terinspirasi taiyaki. Kue serupa waffle ini konon diperkenalkan di Korea sekitar tahun 1930 ketika Jepang menduduki Korea.

Menurut buku Bungeoppang Has a Family Tree tahun 2011, Bungeoppang adalah wujud campuran waffle dari Barat dan dumpling dari Timur. Hal ini selaras dengan konsep taiyaki yang merupakan adaptasi orang Jepang pada waffle gaya Barat di sekitar abad 18.

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis LegitFoto: iStock

Baca Juga: Ini Lho 5 Makanan yang Sering Muncul di Adegan Drama Korea

Untuk arti, nama Bungeoppang berasal dari dua kata yaitu "bungeo" dan "ppang". Keduanya berarti "ikan mas" dan "roti". Tampilan roti mirip ikan mas inilah yang mendasari nama Bungeoppang meski sebenarnya roti atau pastry ini tidak dibuat dari ikan sedikitpun.

Dibanding taiyaki, Bungeoppang berbentuk cenderung seperti ikan mas pada umumnya. Sementara taiyaki kadang berbentuk ikan dengan ekor lebih mencuat ke atas, mirip ikan tai yang terkenal mahal di Jepang.

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis LegitFoto: iStock

Isian Bungeoppang juga dinilai lebih sederhana berupa pasta kacang merah azuki saja. Berbeda dengan taiyaki yang memiliki banyak versi isian manis atau gurih seperti custard, cokelat, sosis, hingga bacon.

Untuk membuat Bungeoppang diperlukan bahan-bahan seperti tepung terigu, garam, baking soda, gula, air, dan minyak sayur. Penggunaan telur adalah pilihan. Bungeoppang lalu dipanggang di cetakan ikan hingga kedua sisinya matang dengan warna keemasan dan tekstur renyah.

Ini Bungeoppang, 'Kue Ikan' dari Korea yang Manis LegitFoto: iStock

Bungeoppang banyak dijajakan sebagai makanan kaki lima, terutama saat musim dingin. Kreasinya juga serupa dengan gukhwappang dan gyeranppanng. Gukhwappang merupakan Bungeoppang versi bentuk bunga. Sementara gyeranppanng berisi telur dan bentuknya bundar seperti muffin.

Baca Juga: Jeju Ice Cream dan Cotton Candy Ice Cream, Es Krim Unik dari Korea Selatan


Simak Video "Nikmatnya Madumongso yang Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)