Lembut Dingin Es Krim

Jeju Ice Cream dan Cotton Candy Ice Cream, Es Krim Unik dari Korea Selatan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 10 Nov 2016 13:36 WIB
Foto: Spotted by Locals
FOKUS BERITA Lembut Dingin Es Krim
Jakarta - Di Korea Selatan ada ragam es krim unik dan enak. Seperti es krim bentuk ikan dan es krim Jeju yang cone-nya berbentuk huruf J.

Tak hanya serial dramanya, es krim Korea Selatan juga populer di dunia termasuk Indonesia. Para pencinta es krim tentu mengenal es krim bentuk ikan yang banyak dijual di supermarket dan convenience store.

Es krim dengan sebutan Bungeo Ssamankho alias gold fish ice cream ini bagian luarnya terbuat dari bungeoppang atau kue ikan khas Jepang (taiyaki) versi Korea. Isiannya berupa es krim vanilla dan pasta kacang merah yang manis legit.

Produsen es krim Korea ternama, Binggrae Co Ltd, turut memproduksi varian es krim kemasan lainnya. Ada Chocosephon yang berbentuk seperti chiffon cake cokelat dengan bagian tengah diberi es krim, Caldduk Ice alias es krim mochi, Yomotie Kiwi dengan rasa kiwi yang asam segar, dan banyak lainnya.

<i>Jeju Ice Cream</i> dan <i>Cotton Candy Ice Cream</i>, Es Krim Unik dari Korea SelatanFoto: Soompi

Untuk pilihan klasik, Korea Selatan punya es krim loli kemasan rasa melon. Bernama Melona, es krim ini sudah ada sejak tahun 1992. Warnanya hijau pucat dengan cita rasa manis susu dan melon. Selain melon, ada juga rasa strawberry, mangga, pisang, dan plain milk.

Beberapa waktu lalu, di Indonesia sempat populer Jeju Ice Cream. Soft ice cream lembut disajikan dalam cone unik berbentuk J yang terbuat dari jagung asli. Pilihan rasa es krimnya antara lain vanila, cokelat, dan rasa buah. Topping menarik seperti meisjes, biscuit stick, dan crispy choco ball lalu ditaburi di bagian ujung cone.

Kalau mau soft ice cream organik a la Korea, di Indonesia juga ada. Gerai Wooyoo di kawasan PIK mengklaim produknya sebagai Korean Pure Milk Soft Ice Cream. Es krim dengan cita rasa manis ringan ini diberi ragam topping menarik.

<i>Jeju Ice Cream</i> dan <i>Cotton Candy Ice Cream</i>, Es Krim Unik dari Korea SelatanFoto: detikFood

Keunikan terletak pada penyajian es krim dimana kepulan asap menyeruak dari sekeliling cup. Asap ini rupanya dry ice yang diletakkan di bagian bawah es krim.

Kalau suka yang manis legit, ada Cotton Candy Ice Cream yang populer di Korea Selatan dan juga Indonesia. Dessert ini memadukan soft ice cream dengan gulali yang menutupi permukaan es krim.

<i>Jeju Ice Cream</i> dan <i>Cotton Candy Ice Cream</i>, Es Krim Unik dari Korea SelatanFoto: iStock

Tak sekadar dimakan langsung, es krim juga biasanya ditambahkan dalam patbingsoo atau es serut a la Korea. Bersama dengan potongan buah segar, rice cake, jelly, kacang-kacangan, madu, es krim, ataupun corn flake.

Nyammm! Kalau tertarik mencicip patbingsoo berisi es krim aneka rasa, rekomendasi tempat makan dari detikFood berikut bisa disambangi.


(adr/odi)
FOKUS BERITA Lembut Dingin Es Krim