Rekomendasi Tempat Makan

Lekker! Ngemil Bitterballen Keju Gurih Mulur di Sini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Camilan khas Belanda, bitterballen selalu bikin nagih dan kangen. Bagian luarnya renyah dalamnya gurih dengan keju mulur. Nyam!

Kudapan asal Negeri Kincir Angin ini cukup populer di Indonesia. Rasanya yang enak, dan teksturnya yang lembut gurih membuat camilan yang satu ini kerap dicari banyak orang. Bitterballen sendiri merupakan hidangan yang biasanya terdiri dari daging sapi cincang, dengan tambahan parsley dan sedikit tepung terigu.

Di Jakarta, bola-bola daging ini biasanya disajikan di restoran atau kafe yang menyajikan makanan-makanan khas Belanda. Bagi yang sedang kangen makan bitterballen, ada 5 tempat yang punya menu bitterballen enak.

Baca Juga: Di Belanda, YouTuber Indonesia Ini Jual 13 Nasi Rames Rp 1 Juta!


1. Dutch Kitchen

Foto: Istimewa

Dutch Kitchen ini konsepnya 'grab-to-go', letaknya di Mall Ciputra, Grogol. Dengan gerai yang cukup kecil, dan hiasan kincir angin di atasnya. Dutch Kitchen menawarkan menu biterballennya yang sudah terkenal, dan cukup hits di Instagram.

Di sini bitterballennya diisi dengan keju mozzarella yang meleleh. Kemudian agar lebih kenyang, bitterballen disajikan dengan tambahan kentang goreng, golden finger, hingga tambahan daging ayam di dalam bitterballennya. Kisaran harganya cukup murah, dimulai dari Rp 22.000 saja.

Dutch Kitchen
Mall Ciputra, Lantai 3.
Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Jakarta.
Telp: 0822 91995900


2. Goedkoop

Foto: Istimewa

Di Bendungan Hilir, ada kafe nyaman yang mengusung konsep makanan khas Belanda. Goedkoop menawarkan pengalaman ngopi, ditemani aneka camilan khas Belanda yang enak, dan tentunya sudah disesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Seperti menu bitrterballennya contohnya. Menu bitterballen di sini, terbagi menjadi dua. Ada yang klasik, dan platter. Bitterballen platter diisi dengan rendang, hingga kimchi, dan tambahan saus carbonara di dalamnya. Kisaran harganya sekitar Rp 32.000 saja.

Goedkoop
Jl. Bendungan Hilir No.62.
Bendungan Hilir, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 5734430


3. Walking Drums

Foto: Istimewa

Terletak di Blok M, kafe yang satu ini menyajikan aneka hidangan dari Indonesia hingga Belanda. Tempatnya yang nyaman, membuat kafe ini sering jadi pilihan tempat nongkrong yang nyaman, dengan pilihan menu makanan yang beragam.

Salah satunya menu bitterballennya, yang disajikan dengan saus honey mustard yang manis gurih. Kisaran harga bitterballennya cukup terjangkau, sekitar Rp 25.000 saja. Sementara tersedia juga menu lainnya seperti lasagna verde, cajun calamari, chicken crispers.

Walking Drums
Jl. Pati Unus Blok F4, Blok M, Jakarta.
Telp: 021 27515536


4. Heritage by Tan Goei

Foto: Istimewa

Letaknya di wilayah Menteng, restoran yang satu ini mengungsung konsep casual dining dengan makanan spesial Belanda dan Indonesia. Sudah berdiri sejak tahun 1951, restoran yang satu ini punya menu bitterballen yang autentik dan cukup enak.

Menu bitterballen diisi dengan campuran daging sapi, lalu disajikan dengan saus mustard spesial racikan Tan Goei. Kisaran harganya sekitar Rp 49.000. Tersedia juga menu makanan lainnya seperti huzarensla, yaitu salad kentang yang disajikan dengan telur rebus hingga nanas.

Heritage by Tan Goei
Jl. Teuku Cik Ditiro No. 3, Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 021 3155057


5. Dijan's

Foto: Istimewa

Terletak di Kemang, restoran klasik yang satu ini sajikan menu autentik khas Belanda yang enak dan beragam. Dengan suasana rumahan yang nyaman, di sini bisa jadi tempat asyik nongkrong atau ngemil sore.

Menu yang ditawarkan cukup banyak, dari pembuka, menu utama, hingga penutup. Salah satu menu andalannya ada bitterballennya. Bitterballen di sini punya ukuran yang cukup besar, dengan rasa daging sapi yang terasa hingga suapan akhir. Untuk kisaran harganya sekitar Rp 50.000 per porsinya.

Dijan's
Jl. Kemang Sel. No.102A.
Bangka, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 71793538

Baca Juga: 5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang Enak

Simak Video "Banyak Kafe Kekinian, Kuliner Tradisional di Yogya Terancam?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)