Rekomendasi Tempat Makan

5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang Enak

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 13 Okt 2018 12:00 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Liburan bisa dihabiskan dengan mencicipi hidangan Belanda. Di sekitar Jakarta banyak resto yang punya hidangan kolonial Belanda yang enak.

Banyak makanan Indonesia yang diadaptasi dari kuliner Belanda. Kalau sedang bingung akhir pekan ini mau makan di restoran mana, pilihan restoran dengan sajian menu Belanda bisa menjadi pilihan baru. Apalagi banyak restora Belanda di Jakarta, yang juga menggabungkan kuliner peranakan antara Belanda dan Indonesia.

Berikut 5 resto dengan ragam menu makanan Belanda, yang bisa dikunjungi.

Baca Juga: Makanan Indonesia Digemari di Belanda, Ini 5 Restoran Indonesia Terbaik di Amsterdam


1. Bistik Delaris

5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang EnakFoto: Detikfood
Siapa bilang hanya ada kafe kekinian di Jakarta? Di daerah Fatmawati, ada restoran bernama Bistik Delaris yang sangat Instagrammable. Dengan mengusung open space, dan konsep klasik. Dijamin membuat kita betah nongkrong dan bersantai di sini.

Resto yang satu ini menyajikan menu makanan khas Belanda, Jawa, dan Indonesia. Salah satu menu andalannya, ada Otentik Bistik Komplit, hidangan peranakan Indonesia dan Belanda. Disajikan dengan kentang, dan kuah semur, lengkap dengan gehakt atau daging giling dalam bahasa Belanda.

Bistik Delaris
Jl. Pangeran Antasari No.44.
Fatmawati, Jakarta Selatan.
Telp: 0811-1099-077


2. Dijan's Pannekoeken & Poffertjes

5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang EnakFoto: iStock
Ini salah satu restoran khas Belanda yang cukup populer di Jakarta. Sesuai namanya, Dijan's menghadirkan berbagai menu klasik Belanda yang autentik, seperti pannekoek, poffertjes, bitter balin, hingga Hutspot Met Gehakt, yaitu bola-bola daging yang disajikan dengan kentang dan sayuran.

Menurut beberapa pelanggan setianya, Dijan's punya poffertjes yang sangat enak. Kue mini asal Belanda ini disajikan dengan potongan butter, dan tepung gula yang menambah rasa legit dan manis. Suasananya juga nyaman, mengingatkan kita dengan rumah-rumah klasik khas Belanda.

Dijan's Pannekoeken & Poffertjes
Jl. Kemang Sel. No.102A.
Kemang, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 71793538


3. Goedkoop

5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang EnakFoto: bitterballen
Kalau mau ngopi sekaligus makan dengan hidangan dan suasana khas Belanda, mampir saja ke Goedkoop yang ada di wilayah Bendungan Hilir. Dengan nuansa biru, dan piring bertuliskan Holland, para pengunjung akan dimanjakan dengan kue serta makanan Belanda yang enak.

Salah satu menu andalannya ada Classic Bitter Ballen Platter, Huzaren Salad, Philly Cheseesteakm hingga pannekoek yang tak kalah enak. Untuk kopi khas Belanda, bisa pesan Koffie Verkeerd yang terdiri dari cafe au lait disajikan dengan cookies manis khas Belanda.

Goedkoop
Jalan Bendungan Hilir No.62.
Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 5734430


4. HERITAGE by Tan Goe

5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang EnakFoto: Detikfood
Melipir ke wilayah Menteng, ada restoran khas Belanda yang sudah terkenal dengan menu-menunya. Di HERITAGE by Tan Goei suasana yang ditawarkan begitu nyaman, dan menu makanannya beragam.

Salah satu menu yang paling sering dipesan ada Bistik Lidah, disajikan dengan saus khas yang terbuat dari campuran kaldu sapi, lengkap dengan aneka sayuran dan kentang goreng. Kalau mau coba yang lain bisa pesan Bistik Ayam yang disaikan dengan sayuran, steak kentang, dan herb butter.

HERITAGE by Tan Goei
Jalan Teuku Cik Ditiro No.3.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 3155057


5. TULP Indo Dutch Restaurant

5 Resto Keren Ini Punya Hidangan Kolonial Belanda yang EnakFoto: detikFood
Sesuai namanya, restoran yang satu ini menggabungkan antara hidangan Indonesia dan Belanda. Konsep restoran dibuat senyaman mungkin, tapi tetap tidak menghilangkan aksen dan hiasan yang berbau negeri kincir angin tersebut.

Menu makanan yang ditawarkan cukup beragam. Salah satunya ada Husarensla, Biterballen, Bruinebonen Soep, Nasi Goreng Ham, hingga Bistik Lidah yang menggugah selera.

TULP Indo Dutch Restaurant
Ruko Sparks blok C/22, Kelapa Dua.
Gading Serpong, Tangerang.
Telp: (021) 54212500

Baca Juga: Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food Ini (sob/odi)