ADVERTISEMENT

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food Ini

Esther Suhana Abdurahim - detikFood
Sabtu, 30 Sep 2017 17:29 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kalau ada rencana berlibur ke Amsterdam, tentu wajib cicip makanan khasnya. Ada stroopwafles, bitterballen serta keju khas Belanda yang enak.

Setiap negara memiliki jajanan kaki lima atau street food khas masing-masing. Jika disebutkan satu persatu mungkin akan ada banyak nama jajanan khas Amsterdam yang muncul. Belanda memang terkenal dengan kejunya, tapi dilansir dalam Wanderlust and lipstick ada beberapa makanan street food yang terkenal dijual disepanjang jalan Amsterdam.

Baca juga: Makanan Indonesia Digemari di Belanda, Ini 5 Restoran Indonesia Terbaik di Amsterdam

1. Stroopwafles

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food IniStroopwafles. Foto: Istimewa

Cookie yang selalu ditempatkan di atas cangkir teh atau kopi Anda, agar uapnya dapat lelehkan sirup karamel ini menjadi salah satu makanan buruan para turis setiap kali berkunjung ke Amsterdam. Anda lebih mudah menemukan makanan ini karena biasanya dijual disepanjang jalan Amsterdam dan Netherlands. Biasanya cookie ini dijadikan sandwich dan diisi dengan es krim ditengahnya atau bisa juga Anda makan langsung. Selain itu Stroopwafles juga dapat Anda jadikan souvenir yang tersedia di kedai-kedai disepanjang jalan, terutama tempat wisata.

2.Herring

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food IniIkan herring bisa ditemukan di jajanan pinggir jalan Belanda. Foto: ilustrasi/thinkstock

Ikan Herring yang merupakan nama ikan kecil populer di Belanda disajikan mentah dengan taburan bawang bombay dan acar timun. Rasa asin yang diberikan ikan Herring dikarenakan sebelum disajikan ikan herring dilumuri garam dan didiamkan selama beberapa hari.

3. Frites

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food IniKentang goreng dengan saus tomat asal Belanda.Foto: iStock

Tidak lengkap jika datang ke Amsterdam tidak mencicipi kentang goreng yang dinamakan Frites. Disajikan dalam sebuah kertas berbentuk cone dan dimakan menggunakan garpu kecil. Makanan unik ini ditaburi mayonnaise di atasnya dan terdapat saus tomat di dalamnya. Jika Anda tidak menyukai mayonnaise, Anda bisa menggunakan saus kari, keju Feta atau seperti makanan Indonesia yang populer, saus kacang.

4. Bitterballen

Bitterballen yang gurih enak.Bitterballen yang gurih enak. Foto: iStock

Biasanya, bitterballen disajikan sebagai apetizer sebelum makan siang atau makan malam, tapi sekarang disajikan untuk side dish atau camilan. Bola renyah ini terbuat dari bumbu daging yang dibumbui, lalu digoreng.

5. Leidse Kaas

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food IniLeidse kaas, keju yang terbuat dari kulit sapi. Foto: Istimewa

Belanda terkenal dengan kejunya, pada umumnya tipe keju seperti Komijnekaas (Keju yang terbuat dari cumin), leidse kaas merupakan keju kuning yang lezat dan dibuat dari bagian kulit sapi dan dibumbui dengan cumin, selain itu keju ini rendah kalori

6. Poffertjes

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food IniPoffertjes asal Belanda yang lembut manis. Foto: iStock

Sama seperti American Pancakes, poffertjes memiliki tekstur yang ringan dan kenyal, biasanya disajikan dengan gula dan mentega bubuk. Makanan ini dibuat dimusim dingin dan terbuat dari Soba.

7. Dutch Gin and Beer

Liburan ke Amsterdam, Wajib Coba 7 Makanan Street Food IniDutch Gin and Beer yang populer di Belanda. Foto: Istimewa

Dutch Gin and Beer yang masih sangat populer di Amsterdam faktanya ditetapkan oleh peraturan Uni Eropa bahwa hanya Belanda dan Belgia yang dapat membuatnya. Bir yang paling dikenal adalah Heineken dan Grolsch.

Baca juga: Kangen Kue Klasik Belanda? Bikin Saja Kue Jan Hagel Ini

Ada rencana liburan ke Amsterdam? Jangan lupa ya cicip jajanan kaki limanya yang enak. Nah, saat ini sedang digelar Mega Travel Fair 2017 yang berlangsung dari tanggal 28 - 1 Oktober 2017. Ini merupakan pameran wisata dari Bank Mega dan Antavaya.

Setelah Jakarta dan Bandung, Mega Travel Fair berikutnya juga akan diadakan di Trans Studio Mall Makassar (5 sampai 8 Oktober 2017), di Paragon City Mall Semarang (12 sampai 15 Oktober 2017), serta di Galaxy City Surabaya (19 sampai 22 Oktober 2017). Untuk informasi lebih lanjut klik di sini. (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT