Menikmati Seduhan Ragam Teh Autentik Indonesia di Lokalti

Misericordias Domini - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 10:30 WIB
Foto: dok. detikFood / Misericordias Domini Foto: dok. detikFood / Misericordias Domini
Jakarta - Sangat jarang ditemukan tempat yang memang khusus menawarkan menu teh. Namun di Yogya terdapat tempat ngeteh yang patut untuk disinggahi pencinta teh.

Tahun 2015 Argad membuka kedai teh Lokalti pertama di taman kuliner dan kemudian juga membuka kedai di dekat kantornya yang berada di Km 0 dengan menyediakan menu tambahan thai tea. Namun pada 2018 Argad memutuskan untuk fokus mengurus kedai yang ada di Gemawang saja.

Nama Lokalti diambil karena kedai ini memang menyediakan 90% teh produksi lokal yang terdiri dari 90 merk. Sekitar 70% teh yang disuguhkan memang bisa ditemukan di Yogya. Lalu 5%-10% berasal dari Solo. Kemudian sisannya dari Kulon progo, Sumatera, Kalimantan dan daerah di Indonesia lainnya.

Berawal dari seringnya bersinggungan dengan teh dan kegemaran minum teh setiap sore di rumah Argad menuangkan kecintaannya pada teh dengan membuka kedai Lokalti. Alasan lain ia membuka kedai ini juga karena melihat fenomena teh

yang disajikan seadanya. Argad sering mengamati bahwa di Yogya teh hanya berperan sebagai minuman pendamping ketika makan tidak ada yang benar-benar menikmati rasa teh.

Menikmati Seduhan Ragam Teh Autentik Indonesia di LokaltiFoto: dok. detikFood / Misericordias Domini

"Kedai ini ada karena ingin supaya teh juga lebih bisa dikenal sebagai minuman yang dinikmati dan dikenal keberagamannya seperti kopi," ujarnya saat ditemui di Lokalti.

"Orang minum teh kurang merasakan rasanya," lanjutnya.

Berdasarkan proses pengeringannya teh di Lokalti dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu melati, black tea, white tea dan green tea. Proses pengeringan ini dan cara menyeduh nantinya dapat berpengaruh pada rasa dan juga warna teh yang dihasilkan.

Menikmati Seduhan Ragam Teh Autentik Indonesia di LokaltiFoto: dok. detikFood / Misericordias Domini

Lokalti menyediakan sekitar 18 menu teh yang dapat dipilih. Signature merupakan menu teh khas Kedai Lokalti yang diracik dengan takaran rahasia yang menjadi salah satu menu rekomendasi dan sangat disarankan untuk dipesan jika ingin benar-benar merasakan rasa teh. Signature dibagi menjadi tiga level pekat (Mantan Manten), medium (Lik Yadi) dan Soft (Mbak Winarsih).

Kedai ini tidak menyediakan fasilitas WiFi karena sang pemilik merasa bahwa budaya minum teh adalah budaya ngobrol. Ia ingin menyediakan ruang bagi pengunjung untuk menghabiskan waktu di Kedai untuk berinteraksi secara langsung tidak lagi fokus pada gadget mereka.

Selain itu Kedai ini juga tidak menyediakan menu makanan berat agar pelanggan fokus ke menu teh, menjadikan orang lebih menikmati rasa teh. Tapi kedai ini tidak melarang pelanggan membawa makanan dari luar.

"Teh enak dinikmati ketika disajikan dingin banget atau panas banget," ungkapnya.

Desain kedai ini cukup sederhana dengan banyak fentilasi dan tanpa menggunakan AC. Kursi yang disediakan pun cukup banyak dapat menampung setidaknya 50 orang. Paling unik dari kedai ini di dekat kasir bejejer banyak stoples kaca dengan isi beragam teh.

Menikmati Seduhan Ragam Teh Autentik Indonesia di LokaltiFoto: dok. detikFood / Misericordias Domini

Pengunjung juga disuguhkan dengan dapur kedai yang terbuka sehingga dapat melihat proses menyeduh teh dan proses pemanasan air yang masih menggunakan arang. Arang dipilih untuk memanaskan air karena dapat menjaga panas air lebih stabil.

"Kalau air sudah baik teh apa pun yang diseduh juga jadi oke," tambahnya.

Dibantu 7 karyawan dalam sehari Argad dapat menjual sekitar 50-75 gelas teh. Menu di kedai ini relatif murah dibandrol dengan harga mulai dari Rp 7.000,- hingga yang paling mahal Rp 18.000,-. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB dan menerima pesanan terakhir pada pukul 24.00 WIB.

Lokasi Lokalti berada di Jl. Selokan Mataram, Kutu Dukuh, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan lupa mampir untuk merasakan sensi ngeteh di Lokalti, tempat ngeteh asik dengan suguhan beragam teh nusantara.



Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)